Pantai Bias Tugel Karangasem, Pantai Tersembunyi dengan Pesona yang Unik

Salah satu pantai yang dapat anda kunjungi adalah Pantai Bias Tugel Karangasem. Pantai yang satu ini juga terbilang tersembunyi, keadaan alamnya yang masih alami dan belum begitu banyak pengunjung ada di pantai ini. Lokasinya juga cukup jauh dari pusat keramaian di Bali, dari Bandara Ngurah Rai kurang lebih jaraknya sekitar 57 km. Lokasi pantai Bias Tugel ini lebih tepatnya berada di Desa Padang Bai, Kecamatan Manggis, Kabupaten Karangasem.

Area Pantai Bias Tugel Karangasem tidak begitu luas, karena di sisi kanan dan kirinya terdapat batu karang yang besar, sehingga mengapit pantai ini. Sesuai juga dengan namanya, pantai yang tergolong sebagai salah satu pantai kecil di Bali ini memiliki arti nama yang berasal dari kata Bias dan Tugel. Bias artinya pasir dan Tugel artinya terpotong, jadi maksud dari pantai Bias Tugel ini berarti pantai yang pasirnya terpotong.

Pantai Bias Tugel Karangasem
via travistory

Walaupun pantai ini kecil, pantai ini merupakan pantai yang indah. Pasir yang ada di pantai Bias Tugel sangat putih, hamparan lautnya begitu biru dan jernih. Anda juga dapat menemui karang yang membentuk laguna kecil di sebelah kiri pantai.

Anda dapat melihat kapal feri yang berangkat atau mmenuju pelabuhan Padang Bai. Pemandangan ombak yang menabrak karang juga sangat menarik untuk disaksikan, benar-benar memanjakan setiap mata wisatawan yang berkunjung.

Aktivitas yang Dapat Dilakukan di Pantai Bias Tugel Karangasem

Bersantai di pantai ini akan sangat menyenangkan, anda dapat berjalan-jalan diatas lembutya pasir putih sambil menikmati hangatnya sang surya, mencoklatkan kulit dengan berjemur, menyegarkan badan dengan berenang. Tetapi, anda juga harus memperhatikan keadaan air agar anda dapat berenang dengan aman.

Di hamparan laut biru yang jernih anda dapat snorkeling dan menjumpai kehidupan laut yang menakjubkan. Disekitar pantai juga terdapat warug-warung sederhana, jadi selagi bersantai anda dapat menyantap makanan.

Meminum air kelapa juga merupakan hal yang harus dilakukan apabila sedang berada di pantai. Saat tiba senja nanti anda dapat melihat suset dan mengucapkan perpisahan dengan sang surya. Merupakan pengalaman yang hebat berada di pantai Bias Tugel.

Cara Menuju Lokasi Pantai Bias Tugel Karangasem

Lokasi Pantai Bias Tugel Karangasem sekitar 700 km dari pelabuhan Padang Bai. Pelabuhan ini biasanya digunakan untuk penyeberangan Bali-Lombok. Dari pelabuhan Padang Bai anda dapat berjalan kaki menuju ke arah kanan dari pintu masuk pelabuhan, maka anda akan menjumpai Pantai Bias Tugel.

Lama perjalanan mungkin akan memakan waktu sekitar 10 menit. Namun, selama perjalanan menuju pantai anda harus melewati perjalanan melewati jalan setapak di perbukitan yang tidak beraspal dan menanjak. Walau perjalanan akan lumayan menguras tenaga, sesampainya di pantai lelah anda akan terbayar oleh pemandangan pantai Bias Tugel yang menakjubkan.

Untuk dapat menimati indahnya Pantai Bias Tugel Karangasem, maka anda perlu membayar Rp2.000 untuk kendaraan roda dua, selain itu anda perlu membayar Rp2.000 per orang untuk biaya kebersihan lingkungan.

Berkunjung di Pantai Bias Tugel Karangasem akan menjadikan liburan anda menjadi momen yang menyenangkan. Selain mendapatkan momen bersantai yang baik anda akan dimanjakan dengan panorama alam yang menakjubkan.