Pantai Banyu Tibo Pacitan, Perpaduan Pantai dengan Air Terjun yang Mengagumkan

Memangnya ada pantai dan air terjun dalam satu tempat? Ada dong! Tempat ini bernama Pantai Banyu Tibo Pacitan di Jawa Timur. Nama Banyu Tibo berasal dari bahasa Jawa yang artinya air jatuh atau air terjun. Satu keunikan tersendiri yang menjadi daya tarik pantai ini.

Air terjun ini bersumber dari sungai kecil yang mengalir dari atas tebing. Karena adanya air terjun di pantai inilah, menjadikan Pantai Banyu Tibo sebuah lokasi wisata yang spektakuler di Pacitan dan ciri khas ini tidak dimiliki pantai-pantai lain disini.

Karena pantai ini masih perawan dan belum terjamah oleh masyarakat banyak, sehingga di pantai ini masih sangat bersih dan alami. Lokasinya tersembunyi dan tenang sehingga cocok bagi yang ingin menghilangkan penat dan beristirahat.

Air terjun yang eksotis di Pantai Banyu Tibo Pacitan
Air terjun yang eksotis di Pantai Banyu Tibo Pacitan via info-pacitan.blogspot.com

baca juga: 7 Tempat Wisata di Pacitan untuk Kamu Pecinta Pantai

Pengunjung kebanyakan menghabiskan waktu dengan mandi di bawah guyuran air terjun atau sesekali bermain di bibir pantai. Air terjun di Pantai Banyu Tibo ini tidak pernah mengering meskipun tengah musim kemarau.

Pasirnya bertekstur sangat tebal dan empuk. Pasir pantai disini tidak begitu luas, hanya sekitar 50 meter persegi. Dan disarankan untuk tidak berenang bebas ke laut karena laut Selatan Jawa berombak besar dan ganas sehingga sangat berbahaya.

Sisi lain Pantai Banyu Tibo Pacitan
Sisi lain Pantai Banyu Tibo Pacitan

Yang hobi berfoto, spot disini sangat luar biasa. Anda bisa selfie ataupun mengambil obyek-obyek yang cantik dan menarik. Perpaduan hamparan laut yang luas, langit yang biru, bukit-bukit yang hijau, pantai yang berpasir, air terjun yang mengalir, serta angin yang bertiup laksana Anda menikmati surganya dunia.

baca juga: Pantai Watu Karung Pacitan, Keindahan Surga Tersembunyi di Jawa Timur

Anda dapat juga menikmati pemandangan laut lepas Samudra Hindia dari atas tebing bukit. Karena di sebelah barat dari pantai ini merupakan bukit bertebing yang dibawahnya batu-batu karang dihempas ombak besar. Sensasi pemandangan yang dilihat dari sini juga sangatlah memukau.

Jika ingin menghabiskan malam disini, tidak ada pilihan lain kecuali mendirikan tenda sendiri di atas bukit. Oleh karenanya, jangan lupa membawa tenda dan bekal makanan dan minuman dari rumah. Karena warung dan penginapan belum ada, bahkan pemukiman penduduk sangat jauh.

Lokasi Pantai Banyu Tibo Pacitan Jawa Timur

Terletak di Desa Widoro, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan, Pantai Banyu Tibo Pacitan ini memang belum sepopuler Pantai Klayar atau Pantai Teleng Ria. Berjarak sekitar 2 jam perjalanan dari kota Pacitan, kecantikan pantai ini tidak kalah elok dibandingkan pantai-pantai lainnya karena fenomena alam yang menakjubkan.

Tiket Masuk Pantai Banyu Tibo Pacitan

Tiket masuk cukup terjangkau hanya Rp 6 ribu per orang. Tapi jangan dikira Anda sudah sampai di lokasi Pantai Banyu Tibo ini. Setelah membayar tiket masuk di loket, Anda masih harus berjalan kaki melewati bukit-bukit kecil, yang disepanjang jalannya berdiri pohon-pohon kelapa yang menjulang tinggi. Begitu sampai di lokasi, Anda akan disambut dengan deburan ombak laut yang keras dan disinilah Anda akan takjub oleh kecantikan pantainya.