Pantai Balanan Situbondo, Surga Pantai Tersembunyi yang Jarang Terjamah Tangan Manusia

Banyak pantai cantik yang bisa Anda jumpai selagi liburan ke Jawa Timur. Pantai Balanan Situbondo jadi destinasiyang menarik, terutama ketika Anda memilih untuk berkunjung kedaerah bagian timur dari provinsi ini. Pantai ini menawarkan destinasi wisata yang begitu alami dan keindahannya yang terjaga dengan baik.

Menjejakkan kaki di pantai ini, Anda akan dihadapkan dengan pemandangan yang begitu memukau. Air di pantai ini terlihat begitu jernih. Tidak hanya itu, suasana yang teduh juga mengitari pantai ini. Mengingat, Pantai Balanan dikenal sebagai area yang banyak ditumbuhi pohon mangrove.

Pantai Balanan Situbondo

Karena dikenal sebagai destinasi wisata yang masih alami, fasilitas di sini sangat minim. Anda memang bisa menjumpai resort yang dapat dipakai sebagai sarana menginap. Hanya saja, jangan mengharapkan ada akses listrik selama liburan ke sini. Jadi, pastikan semua perangkat elektronik berada dalam kondisi baterai penuh atau menyediakan powerbank selama di sini.

Pantai Balanan Situbondo

Aktivitas yang bisa dilakukan di pantai ini juga tidak kalah menariknya. Anda bisa mencoba untuk memancing. Selain itu, berenang di tepi pantai juga jadi aktivitas yang begitu menggoda. Kalau masih belum cukup, cobalah untuk menikmati alam bawah laut dari perairan di pantai ini dengan melakukan snorkeling.

Cara Menuju Lokasi Pantai Balanan Situbondo

Pantai cantik yang satu ini berlokasi di kawasan Taman Nasional Baluran. Cara untuk menuju ke sini, Anda bisa datang ke pintu gerbang taman nasional dan pergi ke Pantai Bama. Selanjutnya, Anda perlu melanjutkan perjalanan dari Pantai Bama ke Pantai Balanan Situbondo dengan berjalan kaki sekitar 5 km. Kalau dari Bekol, jaraknya lebih pendek, yakni 3 km.

Oleh karena itu, ketika berkunjung ke sini, pastikan tubuh dalam kondisi fit. Selain itu, perlengkapan juga harus dipersiapkan terlebih dulu. Pastikan untuk memakai baju yang nyaman dipakai berjalan kaki. Jangan lupa juga untuk membawa persediaan makanan yang cukup selama perjalanan ke Balanan. Jangan sampai Anda kelaparan selama di Balanan.

Nah, bagaimana? Tertarik untuk melihat keindahan salah satu pantai yang masih sangat alami di Situbondo ini? Tak sulit, kan? Apalagi, akses transportasi ke sini juga tersedia dengan mudah. Selamat berlibur.