Pagoda Avalokitesvara Buddhagaya Watugong Semarang – Pagoda Tertinggi Milik Indonesia

Pagoda memang bukan bangunan yang identik dengan Indonesia. Namun, keberadaan Pagoda Avalokitesvara Buddhagaya Watugong Semarang memberikan nuansa tersendiri di tanah air. Apalagi, pagoda ini dikenal sebagai pagoda tertinggi yang ada di Indnesia. Hal ini pun membuat para wisatawan berdatangan untuk menyaksikan kemegahannya.

Pagoda Avalokitesvara Buddhagaya Watugong Semarang memiliki tinggi mencapai 45 meter. Di dalamnya, para pengunjung pun akan bisa menyaksikan keberadaan patung Dewi Kwan Im. Karena keberadaan patung itu pula lah, pagoda ini pun memiliki nama lain sebagai Pagoda Dewi Kwan Im. Patung tersebut pun punya ukuran cukup tinggi, mencapai angka 5 meter.

Pagoda Avalokitesvara Buddhagaya Watugong Semarang
by Stefany

Sejarah Pagoda Avalokitesvara Buddhagaya Watugong Semarang

Pagoda Avalokitesvara Buddhagaya Watugong Semarang yang menjadi bagian dari kompleks Vihara Buddhagaya Watugong ini memiliki perjalanan sejarah panjang. Keberadaan tempat ini pun bisa ditelusuri 500 tahun setelah keruntuhan Kerajaan Majapahit (1500 Masehi). Saat itu, warga setempat pun berkeinginan untuk menghidupkan kembali budaya Budha yang dulu sempat berkembang.

Pagoda Avalokitesvara Buddhagaya Watugong Semarang
by Natashia

baca juga: Lawang Sewu Semarang – Wisata Terpopuler, Angker, dan Paling Misterius di Jawa Tengah

Keinginan itu terwujud berkat kedatangan Bhikku Narada Maha Thera dari negara Srilanka. Kedatangannya berlangsung pada tahun 1934. Perkembangan ajaran Budha di Semarang pun kian pesat, hingga akhirnya pada tahun 1955 ada seorang dermawan yang menghibahkan tanahnya untuk pembangunan vihara. Di sinilah akhirnya berdiri Pagoda Avalokitesvara Buddhagaya Watugong Semarang.

Pagoda ini pun sempat telantar, terutama karena tidak adanya sosok biksu yang melakukan pembinaan. Namun, hal itu terselesaikan berkat kedatangan seorang biksu bernama Sangha Theravada. Pemerintah setempat pun melakukan revitalisasi. Dan saat ini, Pagoda Avalokitesvara Buddhagaya Watugong Semarang menjadi salah satu destinasi wisata terkenal di Kota Semarang.

Pagoda Avalokitesvara Buddhagaya Watugong Semarang
by Yohanes Febrianto

Lokasi dan Tiket Masuk Pagoda Avalokitesvara Buddhagaya Watugong Semarang

Pagoda ini berada tidak jauh dari pusat Kota Semarang, tepatnya beralamat di Jalan Perintis Kemerdekaan di kawasan Watugong, Semarang. Anda bisa dengan mudah menjumpai kompleks bangunan wihara ini dengan menengok keberadaan Markas Kodam IV Diponegoro di depannya. Cara termudah untuk ke sini bisa memanfaatkan sarana transportasi Trans Semarang.

baca juga: Kelenteng Sam Poo Kong – Wisata Sejarah Tempat Pendaratan Laksamana Cheng Ho di Semarang

Pagoda ini dibuka setiap hari, mulai pukul 07.00 hingga 21.00 WIB. Anda berkesempatan untuk memasuki area sekitar pagoda secara langsung. Namun, jangan sampai kedatangan tersebut mengganggu aktivitas ibadah umat Budha yang ada di wihara. Jangan lupa juga untuk tetap menggunakan pakaian yang sopan dan mematuhi aturan yang ada.

Tempat ini tidak memberlakukan tiket masuk secara khusus kepada para wisatawan. Hanya saja, para pengunjung yang datang ke tempat ini akan diminta untuk membayar biaya parkir kendaraan.