Objek Wisata Curug Muara Jaya Keindahan Air Terjung Bertingkat

Objek Wisata Curug Muara Jaya atau lebih dikenal dengan Curug Apuy merupakan tempat wisata yang terkenal oleh seluruh masyarakat Majalengka karena memang sudah ada sejak lama, dan terletak di Desa Sangiang, Kecamatan Banjaran, Kabupaten Majalengka. Wisata alam ini mempunyai luas sekitar 18 hektar. Curug ini tergolong air terjun bertingkat atau cascade dengan tinggi air keseluruhan mencapai 73 meter. Terdapat 2 tingkat air terjun, yang pertama merupakan air terjun utama dengan ketinggian mencapai 60 meter. Sementara tingkat yang kedua merupakan air terjun yang lebih pendek ketinggiannya hanya sekitar 13 meter.

Selain air terjun, daya tarik lainnya adalah pepohonan besar berumur ratusan tahun, dan terdapat satwa liar seperti kera dan lutung. Keunikan lainnya adalah adanya legenda ikan lele dan ikan mas yang menjadi misteri bagi masyarakat setempat yang berkaitan dengan nilai historis Kerajaan Talaga Manggung. Selain itu, terdapat makam Pucuk Ulum Talaga Manggung yang disebut Parunggangsa (Ranangga Mantri) yang menyebarkan agama Islam pada tahun 1530 M.

objek wisata curug muara

Lokasi Objek Wisata Curug Muara Jaya

Curug Muara Jaya Berjarak kurang lebih 83 km sisi barat daya Kota Cirebon atau lebih dari 23 km arah tenggara ibu kota Kabupaten Majalengka dapat ditempuh dengan kendaraan roda dua maupun roda empat hingga lokasi. Bila mengambil jalur dari kota Majalengka dapat berkunjung di Maja yang merupakan kota kecil kecamatan yang disebut sentra sayuran Majalengka, kemudian dilanjutkan menuju desa Argalingga.

Di desa Argalingga akan didapati pertigaan, ke kiri menuju Rajagaluh melalui kecamatan Sindangkerta (alternatif jalan ke desa Argalingga bila tidak melalui Maja). Sedang kearah kanan menuju desa Argamukti, tempat curug ini berada. Jarak pertigaan ini sekitar 2 km hingga ke desa Argamukti.

objek wisata curug muara

Transportasi Menuju Lokasi

Untuk yang memakai angkutan umum, dari kota Majalengka menggunakan angkutan umum type elf atau L-300 jurusan Maja. Sesampainya di Maja turun dekat pasar, kemudian carilah pertigaan persis di samping terminal Bis Maja. Ambillah jalan ke kiri (arah gunung). Jalan tersebut hanya satu jalan menuju desa Argamukti melalui Maja. Di pertigaan ini perjalanan diteruskan dengan memakai angkutan mobil bak terbuka sejenis pickup, yang umum dipakai warga untuk mengangkut penumpang serta sayur-mayur hasil panen.

Ongkos naik pickup sekitar Rp 3.000 per orang sekali jalan hingga di pelataran parkir dekat kompleks curug. Alternatif lain dengan memakai ojek yang ada di sekitar pasar Maja dengan biaya Rp 8.000 per orang hingga tujuan.
Masuk desa Argamukti, setelah itu bakal didapati pertigaan dengan penunjuk arah ke Curug Muara Jaya. Ambil jalan kanan ikuti penunjuk arah, kurang lebih sekitar lima menit perjalanan tiba di gerbang curug. Sesampainya pintu gerbang ini kendaraan dapat parkir ditempat yang disiapkan dekat loket.

objek wisata curug muara

Dari tempat parkir, perjalanan diteruskan dengan jalan kaki melalui jalan setapak yang sudah dipaving blok serta diberi undakan sejauh lebih kurang 300 meter. Lalu menuruni lembah sedalam lebih dari 100 meter. Curug ini sendiri berjarak sekitar setengah kilometer di samping barat Desa Argamukti.

Fasilitas Yang Tersedia

Terdapat warung penjual makanan serta minuman, camping ground, tempat parkir, wc, mushola serta ruang taman bermain untuk anak-anak. Di tempat itu juga ada dua bangunan pendopo, satu besar serta satunya kecil. Bangunan tersebut bernama Balai Pertemuan Muara Jaya yang disediakan untuk istirahat bagi pengunjung. Tidak jauh dari tempat air terjun ini terdapat bumi perkemahan.

objek wisata curug muara

Harga Tiket dan Parkir

Harga ticket masuk yaitu Rp 6.000 per orang serta parkir yaitu Rp 2.000 untuk kendaraan roda dua. Untuk yang mau berkemah di bumi perkemahan dekat air terjun, harga karcisnya jadi Rp 3.500 per orang. Story By Mpix