Nasi Serpang Bangkalan, Wujud Kekayaan Kuliner Pulau Madura

Bicara tentang kuliner di Madura memang tidak ada habisnya. Banyak makanan enak yang bisa dijumpai di pulau garam ini. Tidak ketinggalan adalah nasi serpang Bangkalan. Nasi ini mirip dengan nasi campur, namun dengan cita rasa yang jauh berbeda.

Nasi dengan perpaduan lengkap lauk dari daratan dan lautan ini sangat nikmat hingga makanan dari Bangkalan ini semakin menjamur di daerah Jawa Timur. Tak hanya terkenal sebagai penghasil sate Madura yang nikmat, nasi serpang Bangkalan juga nikmat disantap.

Nasi serpang Madura adalah nasi dengan isi lauk lengkap yaitu terdiri dari berbagai jenis lauk pauk. Lauk pauk yang digunakan untuk pelengkap nasi ini yaitudendeng sapi, kripik paru,  telor asin, pepes ikan tongkol, kerang yang dimasak sambal goreng, serundeng, soun dengan bumbu kecap, kerupuk paru, rempeyek kacang dan juga rempeyek teri. Umumnya nasi yang disajikan untuk makanan ini adalah nasi pulen.

nasi serpang bangkalan
Instagram photo by Boby Wisesa

Nasi yang sangat pulen dan nikmat dikunyah ini merupakan ciri khas dari orang Madura yang mampu membuat nasinya menjadi pulen. Nasi serpang Bangkalan biasanya tidak menambahkan sayur di dalam menu yang tertera di warung-warung yang menjual makanan ini. Untuk makanan ini, menu yang tertara cuma tersedia nasi, lauk dan sambal.

baca juga: Tajin Sobih, Kuliner Tradisional Wajib dari Madura

Harga Nasi Serpang Bangkalan

Jika ingin merasakan nikmatnya seporsi nasi serpang Bangkalan, anda perlu mengeluarkan uang sebesar Rp.10.000 sampai Rp.15.000. Umumnya memakai daun pisang sebagai tempat atau wadah dari makanan ini. Namun Anda harus bangun pagi-pagi untuk membeli nasi ini supaya tidak kehabisan.

nasi serpang bangkalan
Instagram photo by Rizky Pramitha Susanti|MCI

Biasanya penjaja makanan nasi serpang Bangkalan membuka dagangan mereka mulai pukul 06.00 pagi sampai dagangan mereka habis terjual semua. Belum lagi, saat penjual makanan ini bulam membuka dagangan mereka, para pecinta makanan ini sudah mengantri panjang, tak sabar merasakan nikmatnya makanan ini. Jadi Anda jangan kaget bila harus mengantre dahulu untuk mendapatkan nasi ini.

baca juga: Soto Mata Sapi Bangkalan, Tampilannya Serap Tapi Rasanya Maknyus

Nasi Serpang Bu Linda, Nasi Serpang Legendaris Madura

Nasi serpang Bangkalan ini sudah menjamur di Madura. Jadi nasi ini telah akrab di kalangan masyarakat Madura dan bisa ditemui di mana-mana. Salah satu tempat yang bisa Anda kunjungi adalah Nasi Serpang Bu Linda yang berada di Kota Bangkalan, Jalan Panglima Soedirman (berdekatan dengan Kelenteng An Bio).

Pemiliknya adalah Bu Linda yang menjadi generasi penerus dari penjual Nasi Serpang puluhan tahun lalu di pinggir jalan. Usaha tersebut kemudian diteruakan olehnya dengan berjualan di sekitar trotoar. Anda dapat bertanya pada warga sekitar Jalan Soedirman untuk mencari penjual makanan ini.

Nasi serpang Bangkalan ini setiap hari makin banyak yang menggemarinya. Cita rasanya yang unik serta rasanya yang nikmat mampu membuat siapa saja ketagihan. Apalagi kini makanan ini sudah tersebar di seluruh Jawa Timur. Tetapi jika Anda ingin merasakan yang benar-benar asli, Anda bisa datang ke Madura langsung.