Nasi Ayam Kedewatan Bu Mangku, Pilihan Kuliner Klasik dan Halal di Bali

Kuliner yang harus anda coba ketika sedang berada di Bali adalah Nasi Ayam Kedewatan Bu Mangku. Berkunjung ke tempat kuliner ini anda dapat memanjakan lidah serta mengenyangkan perut anda dengan sajian istimewa yang lezat. Nasi Ayam Kedewatan Bu Mangku ini juga pas bagi anda wisatawan yang mencari menu halal, karena menu di tempat ini berbahan dasar ayam. Jadi, anda dapat mengunjung tempat ini untuk bersantap.

Rumah makan Nasi Ayam Bu Mangku ini sudah lama berdiri sejak tahun 1970-an oleh seoran wanita yaitu Ibu Sang Ayu Mangku. Nasi Ayam Kedewatan ini asalnya dari Desa Kedewatan, Kecamatan Ubud. Ia dulu memulainya dengan berdagang nasi secara keliling, dan akhirnya sekarang dapat menetap di rumah makan. Bisa dibilang Ibu Mangku sebagai perintis nasi ayam di daerah Kedewatan.

Nasi Ayam Kedewatan Bu Mangku

Nasi Ayam Kedewatan Bu Mangku Dibuat dengan Cara Tradisional

Cara memasak dari nasi ayam ini masih menggunakan cara tradisional. Dimana mereka menggunakan kayu bakar untuk memasak seluruh jenis masakan, baik nasi, ayam, dan sayuran. bahan-bahan yang digunakan juga merupakan bahan baku lokal, seperti seluruh jenis sayuran yang dipakai adalah sayuran khas Bali.

Di rumah makan Nasi Ayam Kedewatan Bu Mangku ini anda dapat menyantap sajian berupa nasi ayam yang juga dilengkapi dengan aneka lauk pauk lainnya. Tidak sekedar nasi dengan ayam, namun nasi ayam kedewatan ini juga disajikan bersama dengan telur pindang, sate lilit , lawar, kacang tanah goreng dan sambal matah.

Nasi Ayam Kedewatan Bu Mangku

Nasi Ayam Kedewatan ini merupakan sajian komplit yang lezat. Setiap lauk pauk ang tersaji bersama nasi memberikan kombinasi rasa yang pas. Ketika anda mencicipi nasi ayam kedewatan ini akan terasa sensasi pedas dan gurih. Anda juga dapat mendampingi kelezatan nasi ayam kedewatan ini dengan aneka minuman segar yang tersedia, seperti air mineral, teh manis, ataupun jus segar, dan masih banyak lagi pilihan minuman.

Sajian nasi ayam kedewatan yang ada di rumah makan Nasi Ayam Kedewatan Bu Mangku ini tersaji dalam 2 pilihan. Pada dasarnya kedua pilihan tersebut sama, yaitu nasi campur ayam dan nasi yang dipisah.

Anda dapat memilih yang mana saja sesuai dengan keinginan anda. Bersantap di rumah makan Nasi Ayma Kedewatan Bu Mangku ini anda tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam, karena untuk menikmati hidangan yang ada anda dapat merogoh kocek sekitar IDR 25.000 – IDR 35.000.

Lokasi Rumah Makan Nasi Ayam Kedewatan Bu Mangku

Nasi Ayam Kedewatan Bu Mangku

Nasi Ayam Kedewatan Bu Mangku ini tidak hanya terdapat di satu lokasi saja di Bali, melainkan Bu Mangku sudah memiliki cabang. Rumah makannya sudah ada di Jalan Raya Kedewatan No. 18, Ubud, Gianyar. Ada juga di Jalan Tukad Badung No. 11, Renon, Denpasar. Kemudian cabang lainnya di Jalan Kayu Jati No. 12, Seminyak, Bali. Cabang-cabang dari rumah makan ini rata-rata akan mulai buka pada pukul 08.00 WITA – 18.00 WITA.