Museum Wayang Kekayon Jogja, Wisata Edukatif Mengenalkan Budaya Nusantara

Museum Wayang Kekayon Jogja sangat special. Maka begitu? Karena di sini adalah surganya wayang yang memiliki ragam berbagai jenis di nusantara, dan kabarnya bukan hanya wayang nusantara, tetapi bahkan tokoh pewayangan yang berasal dari luar negeri.

Begitu populernya Museum Wayang Kekayon membuat museum ini selalu ramai dengan pengunjung pelajar hingga wisatawan mancanegara. Di sana terdapat edukator yang akan menjelaskan berbagai koleksi yang ada di sana. Dan kebanyakan yang datang adalah mereka yang sedang melakukan penelitian sejarah, menambah pengetahuan hingga yang hanya ingin melihat-lihat saja.

Museum Wayang Kekayon Jogja

Sebagai salah satu tujuan wisata, museum ini sangat banyak manfaatnya. Sebagai rekreasi, tempat penelitian, penambah wawasan, penghilang penat setelah banyak bekerja, dan kadang-kadang pendopo museum ini dijadikan sebagai tempat untuk acar pernikahan.

Sejarah Museum Wayang Kekayon Jogja

Awalnya, Museum Wayang Kekayon selesai dibangun pada tahun 1980 dan diresmikan pada tanggal 5 Januari 1991oleh Sri Paduka Pakualam yang ke-8. Tetapi baru resmi dibuka sebagai tempat wisata pada tahun1992, setahun setelah peresmian museum.

Penataan wayangnya sangat rapi. Pihak museum mengatakan bahwa penataan wayang dibedakan menjadi tiga. Alasannya karena penataan ini berdasarkan dengan cerita pewayangan. Seperti pewayangan puro yang menceritakan kisah Mahabharata dan ramayan.

Museum Wayang Kekayon Jogja

Ada juga wayang kulit madyo yang mengkisahkan cerita pascabaratayudha yaitu cerita yang sudah masuk ke kerajaan-kerajaan Jawa. Ada lagi wayang kulit gedhog yang menceritakan cerita rakyat. Untuk wayang yang berasal dari luar negeri salah satunya dalah wayang potehi.

Secara keseluruhan, Museum Wayang Kekayon Jogja memiliki koleksi wayang sebanyak 5464 dari jumlah wayang nusantara dan luar negeri. Untuk ruangnya sendiri memiliki 7 ruangan. Masing-masing ruangan memiliki wayang dengan cerita atau kisah pewayangan yang sesuai dengan peradabannya.

Museum Wayang Kekayon Jogja

Selain wayang, museum ini juga menyimpan replica bangunan yang menggambarkan sejarah Indonesia. Yakni sejak era zaman purba sampai pada era kemerdekaan Indonesia. Ada juga koleksi topeng yang beraneka ragam.

Tak hanya itu, patung wayang wong dengan ukuran yang sebenarnya terlihat sangat indah. Kebanyakan wayang yang dimiliki museum tersebut adalah koleksi milik Prof.dr.Soejono Prawiro Hadikusumo, dan sebagian lagi adalah hibah dari orang-orang. Apa pun itu, museum ini tetap menakjubkan.

Lokasi dan Jam Buka Museum Wayang Kekayon Jogja

Berada di jalan raya Yogya-Wonosari Km 7, kurang lebih sekitar 1 kilometer dari perempatan Ring Road Timur, Museum Wayang Kekayon sangat direkomendasikan untuk Anda. Dibuka setiap hari Senin hingga Sabtu mulai pukul 8.30 hingga pukul 14.00. cocok dikunjungi bersama teman, keluarga taupun mengenalkan sejarah Indonesia kepada anak.