Museum Kereta Api Ambarawa Semarang, Wisata Edukasi Seru dan Asyik

Liburan bersama anak tentunya tidak hanya dijadikan sebagai momen rekreasi. Liburan sekaligus belajar, menjadi aktivitas liburan keluarga yang menarik. Kalau Anda tengah berada di Jawa Tengah, tepatnya Kota Semarang, maka Anda bisa berkunjung ke lokasi wisata edukasi Museum Kereta Api Ambarawa Semarang.

Museum yang satu ini akan memberikan suasana liburan yang menyenangkan untuk anak. Tentunya, berkunjung ke sini tidak sekadar bersenang-senang. Anak juga akan mendapatkan pengetahuan yang bermanfaat mengenai sejarah kereta api di Indonesia. Di tempat ini, anak akan bisa menyaksikan secara langsung keberadaan kereta api uap yang kini sudah tidak lagi beroperasi.

baca juga: Hutan Pinus Mangunan Imogiri, Tempat Pas untuk Cari Ketenangan

Museum Kereta Api Ambarawa Semarang
Instagram photo by Marini Arindra

Berkeliling Naik Kereta Uap Kuno di Museum Kereta Api Ambarawa Semarang

Terdapat beberapa kereta api uap kuno yang bisa dijumpai di Museum Kereta Api Ambarawa Semarang. Tidak mengherankan kalau tempat ini memang menyimpan cukup banyak kereta kuno. Terutama karena Ambarawa dulunya dikenal sebagai basis militer Kolonial Belanda. Dan, stasiun ini merupakan akses utama para prajurit Belanda masuk ke wilayah Kota Semarang.

baca juga: Pantai Wedi Ombo Gunungkidul, Pantai Unik dengan Kolam Renang Alami di Yogyakarta

Museum Kereta Api Ambarawa Semarang
Instagram photo by Fazri Ariza

Dari sekian banyak kereta uap yang ada, para wisatawan yang berkunjung ke Museum Kereta Api Ambarawa Semarang juga dapat berkeliling naik kereta lo. Terdapat tiga kereta uap kuno yang melayani aktivitas kereta wisata untuk para pengunjung. Tiga lokomotif uap tersebut adalah B 2502 dan B 2503 buatan Maschinenfabrik Esslingen dan lokomotif nomor B 5112 buatan Hannoversche Maschinenbau AG.

baca juga: Pantai Pasir Kadilangu Kulonprogo, Lupakan Mantan dan Bahagia di Sini

Tarif Kereta Wisata di Museum Kereta Api Ambarawa Semarang

Untuk berkeliling naik kereta wisata di Museum Kereta Api Ambarawa Semarang, pengunjung tentu diharuskan untuk membayar biaya tertentu. Anda bisa mencoba pengalaman unik ini dengan datang pada saat hari Minggu atau hari libur. Tarifnya tidak terlalu mahal, yakni sebesar Rp50 ribu per orang. Kereta ini diberangkatkan dua kali dalam satu hari, dengan jadwal pemberangkatan pada pukul 11.00 WIB dan 14.00 WIB.

Museum Kereta Api Ambarawa Semarang
Instagram photo by E R R A W A H Y U

Kalau ingin merasakan pengalaman naik kereta wisata secara ekslusif juga bisa kok. Dengan biaya sewa sebesar Rp7,5 juta per gerbong, Anda sudah bisa menyewa dan naik kereta wisata secara ekslusif. Setiap gerbong kereta di Museum Kereta Api Ambarawa Semarang ini memiliki kapasitas hingga 40 orang. Pilihan lainnya, bisa pula naik lori dengan tarif lebih murah, yakni Rp10 ribu per orang.

Dengan naik kereta wisata ini, Anda tidak hanya merasakan pengalaman unik naik lokomotif kuno. Namun, juga akan diajak untuk menyaksikan keindahan alam di sepanjang jalur antara Ambarawa dan Bedono. Jalur antara kedua tempat ini dikenal sebagai dataran tinggi. Tidak heran kalau aktivitas kereta wisata yang ditawarkan oleh Museum Kereta Api Ambarawa disebut dengan nama Railway Mountain Tour.

Lokasi Museum Kereta Api Ambarawa Semarang

Museum kereta api beralamat di Jl. Stasiun Nomor 1 Ambarawa, di Kabupaten Semarang. Bagaimana, ingin merasakan keasyikan berkunjung ke tempat ini?