Museum De Arca Statue, Pilihan Liburan Edukatif yang Instagramable di Jogjakarta

Liburan, waktunya ke museum, nih! Museum De Arca Statue di Yogyakarta pun bisa jadi pilihan menarik. Terutama, bagi Anda yang ingin menyaksikan suasana museum yang berbeda. Alih-alih menyimpan beragam benda antik bersejarah, tempat ini dijamin bakal membuat liburan Anda tidak membosankan.

Museum De Arca Statue
via vaddge

Tentunya karena keunikannya, Anda akan senang berlibur ke Museum De Arca Statue, sebuah museum yang menyimpan berbagai patung koleksi berbentuk tokoh dunia. Misalnya, Anda akan berjumpa dengan patung bersosok artis sekelas dunia. Anda bisa berfoto dengan patung layaknya berfoto dengan artis dunia ataupun tokoh nasional seperti presiden atau pun mantan Gubernur DKI Jakarta, Ahok.

Koleksi Patung-Patung Tokoh Terkenal Dunia di Museum De Arca Statue

Mengenai dengan patung tokoh-tokoh dunia, terbesit di pikiran Anda bahwa museum ini mirip seperti Museum Madame Tussaunds yang tersohor di dunia. Yup, tepat sekali! Serasa berada di luar negeri buka? Tetapi, bedanya Museum De Arca Statue tidak memakai lilin sebagai media patu ng tetapi memakai resin atau getah yang dihasilkan oleh tumbuhan tertentu karena disesuaikan oleh kondisi iklim di Yogyakarta.

Museum De Arca Statue
via pritanandarendy

Wah, jadi tak perlu lagi jauh-jauh ke London bila di Yogyakarta sudah ada Museum sebagus dan semenarik Museum Madame Tussaund, bukan? Beberapa keunikan juga ditonjolkan oleh De Arca Statue Museum, di antaranya antara lain adalah adanya patung-patung tokoh pahlawan kemerdekaan Republik Indonesia.

Lokasi Museum De Arca Statue

Selain itu, De Arca Statue Museum pun menjadi museum patung pertama dan terbesar di Indonesia. Dan museum ini diresmikan pada Desember 2014 dan terletak tepat di sebelah De Mata Trick Eye Museum, yakni di XT Square, Jalan Veteran, Yogyakarta. Sesuai dengan namanya, museum ini menjadi tempat berkumpulnya banyaknya koleksi patung tokoh-tokoh terkemuka dengan skala 1:1.

Patung-patung karya seniman kenamaan Jogja, Dunadi ini juga mirip dengan patung yang ada pada Museum patung lilin Madame Tussaund. Karya-karyanya dibuat semirip mungkin seperti aslinya bahkan memakai baju serta gestur yang sesuai ciri khas si tokoh dalam patung di sana.

Untuk keseluruhannya, De Arca Statue Museum ini memili 3 zona ayaitu zona tokoh nasional, zona tokoh dunia hinnga zona presiden dunia. Selain mengedukasi, museum ini terbukti menjadi salah satu tempat wisata yang paling digandrungi orang yang sedang berlibur di Yogyakarta.

Buktinya, tak hanya anak-anak saja yang suka ‘bertemu dan bersalaman’ dengan patung-patung unik ini, tetapi juga anak-anak muda, rombongan kantor dan juga keluarga. Dari sekian banyak pengunjung pun, kebanyakan yang datang juga pengunjung di luar Yogyakarta.

Tak hanya itu, tempat ini juga memiliki banyak spot yang instagenic atau instagramable. Kamu bisa berpose dengan Jackie Chan, Pak Habibie, hingga tokoh super hero dan memajangnya di akun sosial Anda. Terlebih lagi, museum ini selalu diupdate dalam penambahan koleksi patungnya sesuai perkembangan di luar sana.