Monumen Jalesveva Jayamahe, Patung Megah Bukti Kejayaan Maritim Indonesia di Surabaya

Tak perlu bingung mencari tempat menarik di Kota Surabaya. Monumen Jalesveva Jayamahe bisa menjadi tempat persinggahan. Patung ini merupakan lambang kejayaan maritim Indonesia. Patungnya pun terlihat megah dibuat dengan pose menghadap ke arah lautan. Tidak lupa, patung ini didesain sebagai sosok perwira TNI Angkatan Laut lengkap dengan seragamnya.

Monumen Jalesveva Jayamahe ini memiliki ketinggian mencapai 30,6 meter. Para pengunjung pun berkesempatan untuk masuk ke bangunan yang ada di bawah patung ini. Bentuknya yang unik pun membuat para wisatawan, baik warga Kota Surabaya sendiri atau para pengunjung dari kota-kota lain di Indonesia datang ke tempat ini. Entah untuk sekadar berfoto dengan background patung atau masuk ke museum di dalamnya.

baca juga: Mie Jogging Surabaya, Kuliner Kekinian dengan Cita Rasa yang Maknyus dan Murah di Kota Pahlawan

Jam Buka Monumen Jalesveva Jayamahe

Para pengunjung pun diperbolehkan untuk memasuki area di dalam monumen. Hanya saja, kunjungan tidak bisa dilakukan sewaktu-waktu. Akses untuk pengunjung dibuka pada hari Senin hingga Jumat. Mulai dari pukul 7 pagi hingga pukul 3 sore hari. Jangan lupa untuk menggunakan pakaian yang rapi serta bersepatu kala berkunjung ke tempat ini.

Monumen Jalesveva Jayamahe
via Angga Sanjaya

Selain itu, ada pula momen khusus yang memungkinkan para pengunjung bebas datang ke tempat ini. Salah satunya adalah saat peringatan Hari Armada Indonesia. Perayaan tersebut dilaksanakan setiap tanggal 5 Desember. Saat itu, para pengunjung pun memperoleh akses bebas masuk ke area monumen dengan tanpa izin terlebih dulu.

baca juga: Hutan Bambu Keputih, TPA yang Kini Berubah Jadi Tempat Wisata Instagramable di Surabaya

Apa Saja yang Ada di Monumen Jalesveva Jayamahe?

Terdapat beragam koleksi yang bisa disaksikan ketika berkunjung ke Monumen Jalesveva Jayamahe ini. Anda bisa melihat keberadaan gong raksasa berbobot sekitar 2,2 ton yang disebut dengan nama Gong Kiai Tentrem. Gong ini dibuat dengan bahan dari kuningan dengan diameter 5 meter dan ketebalan 6 milimeter.

Selain itu, Anda juga akan menemukan keberadaan pusat suvenir sebagai sarana oleh-oleh. Berbagai atribut khas militer pun bisa dijumpai di sini. Baik berupa pakaian, topi, tas, dan lain-lain. Sebagai tambahan, Anda juga bisa menyaksikan keindahan pemandangan perairan di sekitar Surabaya saat berkunjung ke sini.