Menilik Sisa Kebesaran Kerajaan Bali di Puri Anyar Kerambitan Tabanan

Wisata Puri Anyar Kerambitan Tabanan, Bali ini memiliki pesona keindahan yang sangat menarik untuk dikunjungi. Puri ini merupakan peninggalan istana kerajaan pada zaman dahulu. Dengan bangunan penuh sisi historis tentu menjadi daya tarik bagi wisatawan.

Siapa sangka jika Puri Anyar Kerambitan Tabanan sudah dikunjungi orang-orang hebat, bahkan orang terkenal dari mancanegara diantaranya King Hussein, Prince Bartiel dari Swedia, Mick Jagger, David Bowie dan Kurt Waldheim.

Yang membuat puri ini menjadi populer di mancanegara ialah datangnya stasiun televisi dari berbagai negara untuk meliput secara langsung seperti apa penyambutan tamu secara tradisional ala kerajaan di Bali.

Puri Anyar Kerambitan Tabanan

Sejarah Puri Anyar Kerambitan Tabanan

Puri Anyar Kerambitan Tabanan dibangun pada abad ke-17 pada masa kerajaan Tabanan. Walau sudah lama, puri ini masih terawat dengan baik. Bentuk bangunan berciri khas arsitektur Bali.

Puri Anyar Kerambitan terletak dekat dengan Puri Agung Kerambitan yang juga merupakan peninggalan zaman kerajaan di Bali. Di depan Puri Anyar Kerambitan terdapat pohon beringin besar yang telah ditanam pada tahun 1977.

Menurut Bapak Agung Ngurah Oka Silagunadha, puri ini dibuka menjadi objek wisata pada tahun 1967. Bermula dari ide beliau untuk membuat program penyambutan dan penyuguhan santapan malam ala tamu kerajaan kepada para tamu yang datang. Sejak saat itu, wisatawan mulai banyak berdatangan.

Daya Tarik Puri Anyar Kerambitan Tabanan

Memasuki area Puri Anyar Kerambitan, bangunan-bangunan terbagi menjadi beberapa bagian yang biasa disebut pelebahan. Ada areal suci di pura ini yakni Merajan Agung dengan dekorasinya yang unik berupa piring-piring kuno yang berasal dari Belanda dan Cina.

Yang menarik lagi, bahwa hingga kini para keturunan kerajaan generasi kesembilan masih mendiami kerajaan. Di dalam puri terdapat banyak sekali peninggalan purbakala dimana salah satunya lukisan-lukisan terkenal yang dibuat kala itu.

Selain memamerkan peninggalan benda dan karya seni, adapula kegiatan pagelaran kesenianseperti tektekan, joged, andir, bumbung, dan leko. Pagelaran kesenian ini dilengkapi dengan penyambutan dan penyuguhan santap malam ala puri atau kerajaan yang disesuaikan dengan pesanan para tamu.

Fasilitas Puri Anyar Kerambitan Tabanan

Tak hanya sebuah tempat wisata edukasi dan sejarah, Puri Anyar Kerambitan sudah memiliki berbagai fasilitas dan pelayanan yang cukup lengkap. Diantaranya ada tempat parkir kendaraan, rumah makan dan akomodasi penginapan di sekitar lokasi, rest area, kamar mandi dan toilet, serta masih banyak lainnya.

Lokasi Puri Anyar Kerambitan Tabanan

Objek wisata Puri Anyar Kerambitan terletak di Desa Baturiti, Kecamatan Kerambitan, Kabupaten Tabanan, Bali. Jarak tempuh objek wisata puri ini dari kota Denpasar dapat ditempuh sekitar 80 menit dengan berkendara dari Bandara Internasional Ngurah Rai.

Jalan yang akan Anda lalui cukup landai dan beraspal baik. Selama perjalanan, Anda akan disuguhi pemandangan area persawahan serta perumahan warga lengkap dengab rumah bergaya Bali serta penduduknya masih memegang teguh adat dan kehidupan tradisional Bali.

Objek wisata terdekat Puri Anyar Kerambitan salah satunya Pantai kelating. Bagi Anda yang baru pertama kali berkunjung, disarankan datang dengan mobil travel plus sopir agar tak tersesat. Selain menyewa mobil, Anda juga dapat datang memakai kendaraan umum seperti bus.