Menelusuri Eksotisme Goa Jomblang Yogyakarta

Salah satu objek wisata fenomenal di Yogya adalah keberadaan Goa Jomblang. Goa Jomblang Yogyakarta ini terbentuk karena peristiwa geologi berupa amblesnya lapisan tanah atas beserta seluruh vegetasinya ke dasar bumi. Goa yang bertipe collapse doline ini merupakan goa vertikal yang keindahan serta kecantikannya tidak terbantahkan.

Tanah yang ambles ke bawah ini membentuk sebuah lubang atau sumuran dengan luas sekitar 50 m2. Karena lubang atau luweng (Bahasa Jawa) inilah Goa Jomblang sering disebut juga dengan nama Luweng Jomblang.

Goa Jomblang Yogyakarta
by @henryanggoro

baca juga: Air Terjun Sri Gethuk Gunungkidul, Wisata Alam Fenomenal di Yogyakarta

Aktivitas Caving di Goa Jomblang Yogyakarta

Jika ingin melihat kedalaman Goa Jomblang, tenaga serta fisik yang kuat sangat diperlukan. Karena tak seperti goa pada umumnya, Goa Jomblang yang berupa goa vertikal harus dituruni menggunakan perlengkapan yang biasa digunakan untuk panjat tebing.

Goa Jomblang Yogyakarta
by @drewaditya

Untuk masuk goa, setidaknya harus menguasai teknik tali tunggal atau single rope technique (SRT). Sebelum masuk, pengunjung akan dipasangkan SRT lengkap dengan perlengkapannya seperti seat harness, ascender/croll, chest harness, footloop, jammer, auto descender, carabiner, cowstail panjang, serta cowstail pendek. Dilengkapi juga coverall, sepatu boot, helm, serta headlamp. Untuk menuruni goa, pengunjung akan didampingi oleh pemandu yang sudah terlatih dan berpengalaman.

Goa Jomblang Yogyakarta
by @drewaditya

Menuruni goa dengan tali pasti pengalaman yang tak terlupakan di Goa Jomblang. Apalagi ketika kaki mulai menyentuh tanah, perasaan yang awalnya was-was dan takut akan terbayar lunas ketika sampai di bawah.

Di dasar Goa Jomblang, dapat ditemukan vegetasi yang ikut jatuh bersama tanah. Tak heran jika kondisi di goa juga dipenuhi tanaman perdu yang tumbuh dengan subur. Lumut, paku-pakuan, semak-semak dan pepohonan dapat tumbuh hijau seperti membentuk sebuah hutan baru.

baca juga: Curug Kasinoman Banjarnegara, Air Terjun Alami dan Belum Terjamah Tangan Manusia di Jawa Tengah

Berjalan sekitar 300 meter menyusuri lorong goa, akan tampak cahaya matahari yang masuk. Cahaya matahari tersebut masuk melalui mulut Goa Luweng Grubug. Di sinilah mata akan terpana melihat keindahan yang tak terlihat dari atas.

Goa Jomblang Yogyakarta
by @jamilmubaroq

Waktu terbaik untuk menikmati keindahan cahaya matahari di Goa Grubug adalah pada pukul 10.00 – 12.00. Pada saat inilah matahari tepat di atas kepala sehingga sinarnya masuk ke mulut goa dengan sempurna.

Tarif Caving Goa Jomblang Yogyakarta

Harga tiket untuk explore Goa Jomblang Yogyakarta sebesar Rp 450.000 sudah termasuk guide, peralatan SRT lengkap, makan siang, serta asuransi. Pembayaran harus dilakukan tunai di tempat.

Lokasi Goa Jomblang Yogyakarta

Jika Anda ingin menyaksikan kecantikan Goa Jomblang Yogyakarta secara langsung, bisa datang ke Dusun Jetis wetan, Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunungkidul, DIY. Jika berangkat dari kota Yogyakarta di tempuh dalam waktu sekitar 1,5 jam perjalanan atau berjarak sekitar 50 km.