Masjid Al Akbar Surabaya, Masjid Termegah Kedua di Indonesia

Kalau Jakarta punya Masjid Istiqlal, ada Masjid Al Akbar Surabaya di Ibukota Jawa Timur. Masjid ini pun menempati posisi sebagai masjid termegah kedua di Indonesia setelah Istiqlal. Dibangun pada 4 Agustus 1995, pembangunan masjid pun sempat tersendat gara-gara krisis moneter. Hingga selanjutnya diteruskan pada tahun 1999 dan selesai pada tanggal 10 November 2000.

masjid al akbar surabaya

Menyebut masjid ini sebagai masjid termegah kedua di Indonesia pun bukan isapan jempol belaka. Masjid Al Akbar Surabaya mampu menampung sebanyak 59 ribu jamaah. Bangunan masjid memiliki luas mencapai 22,3 ribu meter persegi. Selain itu, masjid ini dilengkapi dengan 1 kubah besar beserta 4 kubah kecil berbentuk limas di sekelilingnya.

masjid al akbar surabaya

Kubah utama yang ada pada masjid ini pun memiliki bobot mencapai 200 ton. Meski begitu, tidak ada tiang penyangga yang digunakan di bawah kubah tersebut. Sebagai gantinya, arsitektur masjid menggunakan struktur segitiga yang tersambung-sambung.

masjid al akbar surabaya

Desain kubah pada Masjid Al Akbar Surabaya ini memang cukup unik, karena memiliki bentuk setengah telur. Selain itu, masjid ini juga punya ciri khas dengan pintu masuk yang berukuran besar. Tidak ketinggalan, mihrab yang ada di masjid ini dikenal sebagai mihrab yang terbesar se-Indonesia.

Desain Pintu Raksasa Masjid Al Akbar Surabaya

Secara keseluruhan, Masjid Al Akbar Surabaya memiliki sebanyak 45 pintu. Masing-masing pintu memiliki tinggi mencapai 4,5 meter dan lebar 1,5 meter. Pintu yang digunakan adalah pintu dari kayu jati yang dipasok dari Perhutani.

masjid al akbar surabaya

Dibuat dari kayu jati berkualitas, pintu-pintu yang ada di Masjid Al Akbar Surabaya pun memiliki bobot yang sangat berat. Satu daun pintu, bobotnya mencapai 250 kg. Oleh karena itu, engsel yang dipakai untuk menyangga pintu ini pun adalah engsel khusus.

Desain Ruangan Masjid Al Akbar Surabaya

Masjid ini memiliki lantai dengan ketinggian sekitar 3 meter dari permukaan jalan. Aula sengaja dibangun secara kesatuan. Selain itu, terdapat area plaza yang bisa digunakan sebagai tempat ibadah, dengan luas mencapai 520 meter persegi.

Secara keseluruhan, bangunan masjid ini pun terlihat megah dan mewah. Apalagi, masjid ini kerap menjadi lokasi berbagai kegiatan umat Islam di Jawa Timur. Tidak heran kalau pemerintah pun membangun masjid ini secara besar-besaran. Kalua ke Surabaya, wajib nih berkunjung ke sini.