Mangut Lele Mbah Marto Bantul, Blusukan Mencicipi Kuliner Tradisional dengan Rasa Lezat di Yogyakarta

Yogyakarta memang kayak akan kuliner enak. Mangut Lele Mbah Marto Bantul jadi lokasi makan enak lain yang bisa Anda datangi selagi berada di Yogyakarta. Secara khusus, warung sederhana ini memiliki sajian utamanya berupa mangut lele.

Menu mangut lele yang ada di sini disajikan dengan cara yang sangat sederhana. Apalagi, warung ini bukan merupakan kedai berukuran besar yang modern. Sebagai gantinya, tempat duduk untuk menikmati makanan tersedia secara terbatas.

Para pengunjung banyak yang memilih untuk secara langsung mencicipi menu mangut lele di area dapur. Di situ, para pencinta kuliner bisa secara langsung menyaksikan proses pembuatan masakan. Dalam setiap sendokan makanan, Anda bisa menemukan bau sedap khas yang memenuhi isi ruangan.

Mangut Lele Mbah Marto Bantul
via Tripcanvas

Meski sederhana, bukan berarti warung ini sepi pengunjung. Setiap hari, banyak pengunjung yang harus rela antre untuk bisa bergantian mencicipi makanan. Apalagi, Mbah Marto yang merupakan pemilik warung ini telah menjanjakan kuliner ini sejak tahun 1960-an.

Ketika masih berusia muda, Mbah Marto menjanjakan mangut lele dengan cara berkeliling. Namun, kondisi fisiknya saat ini sudah tidak lagi memungkinkan. Sebagai gantinya, beliau memilih untuk berdagang menggunakan warung sederhana di rumahnya.

Pilihan Menu di Mangut Lele Mbah Marto Bantul

Menu yang ada di sini sangat beragam. Anda tidak hanya bisa mencicipi mangut lele yang berbahan dasar lele asap. Tersedia pula menu lain seperti oseng-oseng daun pepaya, opor ayam dan tahu, sambel krecek, gudeg, garang asem, dan lain-lain.

Mangut Lele Mbah Marto Bantul
via Detik

Namun, menu spesial di tempat ini tentu saja adalah mangut lelenya. Apalagi, mangut lele di sini memiliki bentuk yang berbeda dengan mangut di tempat lain. Biasanya, mangut lele memiliki bumbu berwarna kuning. Namun, di sini mangut lele disajikan dengan warna merah menyala.

Mangut Lele Mbah Marto Bantul
via Detik

Oh ya, para pengunjung juga menyantap makanan di sini secara self service, alias prasmanan. Anda bisa mencoba untuk mengambil nasi sebanyak-banyaknya. Demikian pula untuk lauk. Rata-rata, menu yang disajikan dipatok dengan banderol sebesar Rp20 ribu.

Cara Menuju Lokasi Mangut Lele Mbah Marto Bantul

Kalau ingin mencicipi kuliner enak di sini, bisa secara langsung datang ke warung Mangut Lele Mbah Marto Bantul yang ada di belakang Kampus Institut Seni Indonesia (ISI) yang beralamat di Jl. Parangtritis, KM 6,5, Sewon. Patokan untuk menemukan lokasi warung ini bisa menggunakan Kantor Pos Sewon. Dari situ, perjalanan bisa dilanjutkan menuju ke Dusun Taraban.