Lontong Kupang, Kuliner Enak Khas Jawa Timur dari Bahan Kerang Kecil

Banyak makanan enak khas Jawa Timur yang dapat dirasakan. Lontong kupang bisa jadi pilihan menarik. Apalagi, menemukan makanan ini di luar Jawa Timur akan terasa sangat susah. Karena kuliner ini memang tidak begitu familier di telinga orang luar Jawa Timur.

Secara khusus, lontong kupang merupakan makanan yang banyak dikonsumsi masyarakat di pesisir Jawa Timur. Kota-kota seperti Gresik, Lamongan, Surabaya, Tuban, atau Malang sangat familier. Alasannya, karena makanan ini dibuat dengan bahan utama kerang kecil yang disebut kupang.

Lontong kupang

Kerang yang menjadi bahan utama makanan ini memiliki nama latin Corbula faba. Bentuknya memang sangat mirip kerang, dengan ukuran kecil, tak jauh berbeda seperti biji beras. Hewan ini biasa dijumpai di tepi pantai atau lumpur yang terletak di air asin.

Dalam penyajiannya, kupang dimasak menggunakan kuah kemudian ditambahkan dengan potongan lontong. Tak lupa, Anda juga bisa menambahkan petis serta potongan lentho di dalamnya. Sebagai pelengkap biar terasa lebih nikmat, Anda bisa menambahkan sate kerang.

Budidaya Kerang Kupang untuk Lontong Kupang Menggunakan Tinja?

Satu kabar tak menyenangkan yang kerap muncul terkait keberadaan kuliner lontong kupang adalah pada proses penangkapan kupang. Sering muncul kabar burung kalau para nelayan menggunakan tinja untuk menangkap kupang. Namun, apakah seperti itu?

Tentu saja tidak. Kupang ditangkap menggunakan tanah liat berwarna kuning. Mungkin, karena ada orang yang sekilas melihatnya, menyangka kalau tanah liat tersebut adalah tinja. Padahal, para nelayan membuat tanah liat itu dengan dicampur rumput serta ganggang laut. Kombinasi tanah liat, rumput, serta ganggang laut menjadi ekosistem yang disukai oleh para kupang.

Lokasi Warung Lontong Kupang yang Enak di Jawa Timur

Untuk mencicipi kuliner khas Jawa Timur ini, caranya tidak terlalu sulit. Anda bisa menemukan warung-warung kuliner menjajakan makanan khas ini di berbagai kota di Jawa Timur.

Lontong kupang

Secara khusus, Kupang Keraton menjadi pilihan kalau Anda berada di Kabupaten Pasuruan. Kalau di Surabaya, ada warung Lontong Kupang Artomoro yang sudah fenomenal. Di malang, terdapat Kupang Cipto yang rasanya tak kalah enak.