Lontong Balap Pak Gendut, Kuliner Khas Surabaya yang Legendaris Sejak Tahun 1958

Banyak makanan enak yang bisa dijumpai di Surabaya. Untuk urusan lontong balap, Lontong Balap Pak Gendut adalah juaranya. Tempat makan yang satu ini sudah lama dikenal sebagai destinasi utama bagi para pencinta kuliner lontong balap.

Bagi yang belum tahu tentang lontong balap, makanan ini merupakan salah satu kuliner khas di Surabaya. Bahan-bahannya sangat sederhana. Terdiri dari potongan lontong, tahu, dan lentho, yang kemudian diberi kuah dengan taoge. Tidak lupa, terdapat sambal petis sebagai penyedapnya.

lontong balap pak gendut

Meski terlihat sederhana, tapi terbukti kalau lontong balap menjadi kuliner favorit warga Kota Surabaya. Lontong Balap Pak Gendut pun menawarkan cita rasa terbaik dari kuliner ini. Kombinasi lentho–gorengan yang terbuat dari bahan utama kacang, tahu goreng, serta kuah taogenya menggugah selera.

Selain itu, Lontong Balap Pak Gendut ini juga selalu memastikan kalau taoge yang digunakan masih dalam kondisi segar. Oleh karena itu, para pengunjung yang datang ke tempat ini tidak akan menemukan rasa kecut ketika menyantapnya. Tidak heran kalau banyak penggemar setia kuliner ini, termasuk di antaranya adalah Ari Lasso, penyanyi terkenal yang juga berasal dari Surabaya.

lontong balap pak gendut

Sejarah Lontong Balap Pak Gendut Surabaya

Menyebut Lontong Balap Pak Gendut sebagai kuliner legendaris di Surabaya memang bukan isapan jempol belaka. Kuliner ini pertama kali muncul di Surabaya pada tahun 1958, didirikan oleh orang tua dari Pak Gendut yang bernama Ibu Saunah.

Selanjutnya, kuliner ini diteruskan oleh Haji Abdul Rohim yang tak lain adalah Pak Gendut pada tahun 1970. Sejak itulah, Lontong Balap Pak Gendut mulai dikenal luas. Hanya saja, nama tempat ini sempat disebut dengan nama Lontong Balap Garuda, hingga akhirnya menggunakan nama yang sekarang.

Dalam perjalanan sejarahnya, Lontong Balap Pak Gendut juga pernah harus diusir Satpol PP. Lokasi kedai yang awalnya di Jalan Kranggan, kini harus berpindah tempat. Penggusuran tersebut dilakukan karena kedai dianggap mengganggu para pejalan kaki.

Lokasi Kedai Lontong Balap Pak Gendut

Saat ini, Lontong Balap Pak Gendut sudah memiliki bangunan permanen yang layak, berlokasi di Jalan Prof. Dr. Moestopo 11, Surabaya. Cara menuju ke sini pun sangat mudah, karena lokasinya tepat berada di depan Kantor PDAM. Selain itu, lokasinya juga berdekatan dengan Stasiun Gubeng. Jadi, para wisatawan yang baru turun atau akan naik kereta, bisa menyempatkan waktu untuk mampir ke sini.