Labuhan Mangrove Education Park Bangkalan, Wisata Edukatif Menjelajahi Hutan Bakau Alami di Madura

Pulau Madura memiliki banyak tempat wisata indah yang jarang terekspose. Labuhan Mangrove Education Park Bangkalan adalah salah satunya. Tempat wisata ini berupa hutan mangrove yang keindahannya tidak kalah dibandingkan dengan Wisata Mangrove Wonorejo di Surabaya.

Seperti halnya hutan mangrove di tempat lain, Labuhan Mangrove Education Park Bangkalan merupakan area konservasi pantai. Oleh kelompok tani mangrove di wilayah setempat, hutan ini dijadikan sebagai lokasi wisata edukatif sebagai sarana untuk meningkatkan kepedulian masyarakat tentang alam.

Labuhan Mangrove Education Park Bangkalan

Kondisi hutan mangrove di tempat ini pun masih terjaga dengan baik. Di lingkungan ini, Anda bisa mendapati beragam jenis fauna yang bertempat tinggal di dalamnya. Beberapa fauna yang sering didapati di tempat ini antara lain adalah udang, kepiting, biawak, serta berbagai jenis burung.

Beragam Aktivitas Wisata di Labuhan Mangrove Education Park Bangkalan

Tempat ini kerap menjadi kunjungan para wisatawan yang datang dalam rombongan, baik rombongan pelajar atau dari perusahaan yang tengah mengadakan aktivitas khusus. Selama di tempat wisata, ada beberapa kegiatan yang bisa dilakukan.

Salah satu aktivitas tersebut adalah penjelajahan serta konservasi hutan mangrove. Pada pilihan kegiatan ini, rombongan akan dilengkapi dengan pemandu yang siap memberikan berbagai informasi penting terkait hutan bakau. Selain itu, Anda juga akan memperoleh pengetahuan terkait pembibitan pohon bakau.

Labuhan Mangrove Education Park Bangkalan

Pilihan aktivitas berikutnya adalah petikpepaya. Berada tidak jauh dari area hutan bakau, Anda akan mendapati keberadaan area perkebunan pepaya. Di situ, Anda akan diajak untuk memetik buah pepaya yang telah ditanam. Tidak ketinggalan, si kecil juga bisa belajar banyak ketika ada di tempat ini. Pembelajarannya tentu saja adalah terkait cara beternak serta berkebun.

Kalau itu masih belum cukup, bisa pula mencoba untuk menghabiskan waktu bermalam di Labuhan Mangrove Education Park Bangkalan. Anda akan diajak untuk ber-night safari di hutan bakau ini selama 2 hari 1 malam. Pilihan aktivitas selama hari itu sangat beragam, yang pastinya tidak akan membuat Anda bosan.

Cara Menuju Lokasi Labuhan Mangrove Education Park Bangkalan

Labuhan Mangrove Education Park Bangkalan ini berlokasi di Desa Labuhan yang masuk dalam wilayah Kecamatan Sepulu, Kabupaten Bangkalan. Kalau ingin menuju ke tempat ini, terlebih dahulu harus melintasi Jembatan Suramadu dan menempuh perjalanan sekitar 55 km.

Tidak perlu khawatir dengan kondisi jalanan. Jalur menuju ke tempat wisata ini cukup terjaga dengan baik. Anda akan mendapati keberadaan jalanan yang terawat dengan baik dan bisa dilewati oleh kendaraan roda 4 sekalipun. So, ingin liburan ke sini? Asyik lho.