Rumah Teh Ndoro Donker, Tempat Nongkrong Asik di Kaki Gunung Lawu

Bagi para pecinta teh, harus berkunjung ke Rumah Teh Ndoro Donker yang berada di Karanganyar. Tempat ini sudah terkenal sejak dulu menjadi tempat nongkrong yang asyik dan menawarkan pemandangan alami yang indah. Tidak heran para wisatawan yang berkunjung ke Perkebunan Teh Kemuning di Karanganyar, Jawa Tengah menyempatkan waktunya datang ke sini.

Menyesap sajian teh di tempat ini bakal terasa berbeda dengan suasana ketika menikmati secangkir teh di rumah. Di Rumah Teh Ndoro Donker, para pengunjung akan bisa menyaksikan hamparan kebun teh yang sangat luas. Ditambah lagi, tempat ini juga mempunyai hawa yang sejuk karena berada di kaki Gunung Lawu.

baca juga: Noodle Airlines Surabaya, Berasa Makan di Pesawat Deh!

Daya tarik lain juga terletak pada bangunan Rumah Teh Ndoro Donker yang merupakan sebuah bangunan tua bergaya kolonial. Konon bangunan ini merupakan bekas tempat tinggal kepala perkebunan teh yang ditugaskan oleh Pemerintah Belanda. Rumah ini pun telah berusia sangat tua, berdiri di area Perkebunan Teh Kemuning sejak tahun 1700-an Masehi.

Rumah Teh Ndoro Donker
Rumah Teh Ndoro Donker via dheni-yulistianto.blogspot.com

Kebun Teh Ndoro Donker Karanganyar

Rumah Teh Ndoro Donker memang terletak di Perkebunan Teh Kemuning. Namun tak sedikit masyarakat yang lebih mengenal area perkebunan itu dengan nama Kebun Teh Ndoro Donker. Terlebih masyarakat setempat ternyata menghargai jasa besar Ndoro Donker, seorang bangsawan Belanda yang pernah tinggal di area Perkebunan Teh Kemuning.

Di mata masyarakat sekitar, Ndoro Donker juga mempunyai kecintaan yang tinggi terhadap daerah setempat. Bahkan konon, pada saat Pemerintah Belanda ingin memulangkannya, Ndoro Donker lebih memilih untuk menghabiskan hari tuanya bersama dengan warga Kemuning. Tak lupa, Ndoro Donker juga merupakan sosok yang memperkenalkan cara menanam teh kepada masyarakat sekitar.

Perkebunan Teh Ndoro Donker di Kemuning Karanganyar
Perkebunan Teh Ndoro Donker di Kemuning Karanganyar via Merdeka

baca juga: Cari Makanan Khas Surabaya Asli? Coba Semanggi Deh!

Seperti halnya bangunan tua lain, tempat ini juga mempunyai area pelataran yang sangat luas. Para pengunjung pun bisa dengan bebas memilih lokasi nongkrongnya. Spot favorit para pecinta teh yang datang ke tempat ini adalah di bagian samping gedung. Di area ini, pihak pengelola Rumah Teh Ndoro Donker menyediakan meja lengkap dengan payung merah. Dari sana, pengunjung bisa secara langsung menyaksikan hijaunya hamparan tanaman teh di perkebunan.

Alamat dan Jam Buka Rumah Teh Ndoro Donker

Rumah Teh Ndoro Donker ini terletak di alamat Jl. Afdeling Kemuning No. 18, Karanganyar. Tempat ini buka dari pukul 10.00 WIB hingga pukul 18.00 WIB.

Harga Teh Ndoro Donker

Ada banyak variasi jenis teh yang bisa dinikmati saat berkunjung ke sini. Mulai dari Ocha Tea, Donker Black Tea, Chamomile Tea, Jasmine Tea, Passion Fruit, Green Tea Latte dan lain-lain. Harganya juga tidak terlalu mahal. Bisa memilih untuk membeli dalam porsi cangkir (mulai dari Rp10.000,00) atau per poci (mulai Rp45.000,00). Tak ketinggalan, di sini juga tersaji berbagai menu makanan pendamping, baik gorengan, ubi madu dan lain-lain.