Klenteng Kwan Sing Bio Tuban, Kelenteng Terbesar Asia Tenggara di Jawa Timur

Kalau Anda adalah seorang wisatawan yang tertarik dengan budaya, mampirlah ke Klenteng Kwan Sing Bio Tuban. Klenteng ini menawarkan desain yang unik, bahkan merupakan klenteng terbesar di seantero Asia Tenggara, bukan lagi Indonesia lho!

Klenteng ini dulunya merupakan sebuah tempat ibadah yang berukuran kecil. Hanya saja, saat ini Klenteng Kwan Sing Bio Tuban telah bertransformasi menjadi klenteng berukuran besar, mencapai 4 hektare. Tempat ini pun kerap dijadikan sebagai tempat pusat perayaan berbagai hari raya warga Tionghoa di Jawa Timur.

Klenteng Kwan Sing Bio Tuban
by Andi Hakim

Klenteng Kwan Sing Bio Tuban Memiliki Desain Unik dan Berani

Dibandingkan klenteng lain, Klenteng Kwan Sing Bio ini memang terlihat jauh berbeda. Alasannya adalah, karena lokasi klenteng yang secara langsung menghadap ke lautan. Hal ini pun menjadi simbol seolah klenteng ini dibuat dengan desain menantang lautan.

baca juga: Kedung Gamping Ponorogo, Wisata Alami dengan Nuansa yang Sangat Instagramable Jawa Timur yang Tengah Ngehits

Desain tersebut, kabarnya membuat Klenteng Kwan Sing Bio Tuban ini sebagai bangunan ibadah warga Tionghoa yang sangat kuat. Tak sedikit mereka yang datang ke tempat ini berharap agar kekuatan dari klenteng ini bisa menjadi sarana pengabulan doa mereka. Bahkan, warga Tionghoa yang berasal dari Surabaya, bahkan Semarang jauh-jauh datang ke tempat ini.

Klenteng Kwan Sing Bio Tuban
by @tonicsy

Sejarah Klenteng Kwan Sing Bio Tuban

Klenteng ini dulunya merupakan sebuah klenteng kecil milik sebuah keluarga dari Tiongkok yang merantau ke tanah air. Awalnya, lokasi klenteng berada di Desa Tambak Boyo yang berjarak sekitar 30 kilometer dari pusat Kota Tuban. Sekitar 300 tahun lalu, klenteng ini pun secara resmi dipindahkan ke lokasinya yang sekarang.

Hanya saja, arsip mengenai sejarah klenteng terbesar ini sudah tak lagi bisa ditemui. Arsip-arsip tersebut hangus terbakar saat masa penjajahan Belanda. Oleh karena itu, masyarakat awam pun hanya tahu cerita masa lalu klenteng bersejarah ini dari mulut ke mulut.

Klenteng Kwan Sing Bio Tuban
by Meri Hariantisasi

baca juga: Air Terjun Nglirip Tuban – Wisata Alam Instagramable Keren di Jawa Timur

Lokasi Klenteng Kwan Sing Bio Tuban

Tidak sulit untuk menjangkau lokasi klenteng ini. Lokasinya berada di Jalan Raya R.E. Martadinata, Tuban. Anda bisa menuju ke tempat ini dengan mengikuti jalur pantai utara. Ada hal menarik yang bisa dilakukan ketika pergi ke tempat ini.

Anda tidak hanya bisa menyaksikan kemegahan Klenteng Kwan Sing Bio Tuban, tapi dapat pula menyaksikan pemandangan pantai yang indah. Apalagi, klenteng ini memang berlokasi tepat di pinggir pantai. Bisa sekalian bermain air ataupun bersantai di sana.