Keraton Kasunanan Surakarta, Destinasi Wisata Wajib saat Liburan ke Solo

Liburan ke Solo tak lengkap kalau tidak berkunjung ke Keraton Kasunanan Surakarta atau yang juga disebut dengan nama Keraton Surakarta Hadiningrat. Keraton ini merupakan satu dari 2 keraton yang ada di Solo. Keraton lainnya adalah Keraton Mangkunagara yang dibangun oleh Raden Mas Said yang bergelar Mangkunegara I.

Kompleks bangunan istana yang didirikan pada tahun 1774 ini pun sangatluas. Tak heran kalau kompleks ini terbagi menjadi beberapa bagian, seperti Kompleks Sri Manganti Kidul, Kompleks Kamagangan, Kompleks Sri Manganti, Kompleks Sri Manganti Lor, Alun-Alun Lor, Alun-Alun Kidul, Siti Hinggil Lor, dan lain-lain.

Keraton Kasunanan Surakarta

Karena tempat wisata ini masih merupakan bagian dari keraton, para wisatawan harus memperhatikan sopan santunnya selama berada di area kompleks. Beberapa aturan yang perlu diperhatikan di antaranya adalah larangan memakai sandal, topi, ataupun kacamata hitam karena dianggap sebagai tindakan yang tak menaruh hormat pada keraton.

Tiket Masuk Keraton Kasunanan Surakarta

Untuk masuk ke kompleks keraton ini, wisatawan tak perlu membayar biaya yang mahal. Di bagian kiri gerbang utama, wisatawan bisa menjumpai tempat penjualan tiket dengan harga Rp10 ribu per orang. Selanjutnya, Anda bisa menelusuri beberapa area keraton dan akan memperoleh penjelasan detail dari abdi dalem yang bertugas sebagai pemandu.

Salah satu informasi menarik yang bisa didapatkan dari sini adalah info terkait silsilah keluarga kerajaan Kasunanan Solo. Dari papan informasi yang ada di kompleks keraton, wisatawan bisa mengetahui bahwa Keraton Solo dengan Keraton Yogyakarta memiliki ikatan yang kuat karena keduanya dulu sama-sama merupakan pecahan dari Kerajaan Mataram.

Oleh karena itu, tidak heran kalau melihat desain arsitektur kedua istana ini punya kemiripan. Tidak hanya itu, di bagian tengah kompleks, wisatawan juga bisa mendapati kemegahan bangunan keraton yang memperoleh sentuhan arsitektur barat. Terlihat dengan beberapa patung yang dipakai sebagai interior.

Sebagai pelengkap, terdapat area khusus yang digunakan sebagai museum. Di museum ini, wisatawan dapat menjumpai berbagai benda-benda peninggalan dari keraton di zaman dulu. Bakal menarik deh kalau Anda merupakan tipe wisatawan yang senang dengan wisata sejarah.