Kedung Cinet Jombang, Wisata Alam Instagramable ala Green Canyon Pangandaran

Di Jawa Barat, para pencinta wisata tentu mengenal keberadaan tempat wisata Green Canyon Pangandaran. Nah, kalau di Jawa Timur, lokasi yang memiliki kemiripan bisa dijumpai di Kedung Cinet Jombang. Banyak yang menyebut tempat ini sebagai versi mini dari Green Canyon. Ditambah lagi, tempat ini juga menjadi lokasi foto Instagram yang keren.

Keberadaan Kedung Cinet Jombang sempat ramai dibicarakan para pencinta wisata alam beberapa bulan lalu. Di tempat ini, para pengunjung pun bisa merasakan suasana ala Green Canyon dengan biaya yang lebih murah. Tidak perlu jauh-jauh pergi ke Pangandaran. Suasana yang mirip bisa dijumpai di Jombang yang berjarak kurang lebih 75 kilometer dari Surabaya.

kedung cinet jombang
by Anis yustias

Saat memasuki area Kedung Cinet Jombang, Anda akan dihadapkan dengan sebuah sungai kecil dengan air yang jernih. Konon, tempat ini dulunya merupakan lokasi pemandian prajurit dan para dayang yang berasal dari Kerajaan Majapahit. Meski, kebenaran terkait cerita tersebut memang masih simpang siur. Namun, boleh jadi hal itu memang nyata adanya. Terutama menengok kondisi Kedung Cinet yang memang memesona.

Para pengunjung tidak hanya bisa menengok keberadaan sungai dengan air yang jernih. Di sini, suasananya masih sangat alami. Maklum saja, lokasi Kedung Cinet memang berada di pelosok. Jadi, jangan heran kalau akses masuk ke tempat ini juga cukup sulit. Namun, yang perlu diperhatikan, hati-hati kalau ingin mandi di sungai ini. Terutama kalau Anda tidak bisa berenang.

kedung cinet jombang
by @ayu_ipr

Aliran air di Kedung Cinet Jombang memang terkenal deras. Bahkan, sempat muncul korban jiwa akibat derasnya aliran sungai ini. Oleh karena itu, para pengunjung pun diimbau untuk tetap waspada dan berhati-hati. Ingat, keselamatan adalah segalanya. Foto yang cantik dengan pemandangan alami akan percuma kalau Anda tidak bisa pulang dengan sehat wal afiat.

kedung cinet jombang
by @predysyam

baca juga: Hutan Mangrove Ujungpangkah, Pilihan Wisata Alam Murah Meriah di Gresik

Cara Menuju Lokasi Kedung Cinet Jombang

Tempat wisata alam yagn satu ini berada di Dusun Klitih yang masuk dalam wilayah administratif Desa Plandaan di Kecamatan Plandaan, Kabupaten Jombang. Untuk akses transportasinya, Anda hanya bisa menjangkau tempat ini dengan menggunakan kendaraan pribadi, yakni sepeda motor.

Terdapat beberapa rute yang bisa dilalui kalau ingin menuju ke Kedung Cinet Jombang. Rute pertama, Anda bisa datang dengan melewati jalur Jombang Ploso. Patokan yang perlu diperhatikan adalah pada saat berada di jembatan yang menjadi perlintasan Sungai Brantas. Di ujung jembatan ini, Anda bisa memilih arah ke Plandaan/Nganjuk/Kertosono.

kedung cinet jombang
by Nur Kholis

baca juga: Air Terjun Coban Canggu Mojokerto, Pilihan Wisata Alam di Pacet

Rute lainnya, Anda juga bisa memilih untuk melintasi Mojokerto. Caranya, bisa mengambil arah ke Ploso yang melwati Kecamatan Gedeg dan menyusuri sepanjang Sungai Brantas. Selanjutnya, pada pertigaan, Anda tinggal berjalan lurus menuju ke Plandaaan. Kalau belok kiri, Anda akan terbawa mengarah ke Kota Jombang.