Kampoeng Rawa Ambarawa – Tempat Liburan Keluarga yang Edukatif di Jawa Tengah

Tidak sulit mencari tempat wisata edukatif di Kabupaten Semarang. Kampoeng Rawa Ambarawa menjadi lokasi yang menarik untuk dipilih. Tempat ini menyuguhkan suasana liburan yang alami dengan pemandangan hamparan sawah hijau serta Gunung Merbabu dan Telomoyo di arah selatan.

Secara khusus, tempat ini memang menjadi lokasi yang pas untuk liburan bersama keluarga. Tersedia beberapa wahana permainan yang dapat digunakan ketika berkunjung ke Kampoeng Rawa Ambarawa. Anda bisa mengajak si kecil untuk berkeliling Rawa Pening yang ada di Kampoeng Rawa menggunakan berbagai wahana tersebut.

Kampoeng Rawa Ambarawa
by Damay Susanto

Misalnya, Anda bisa menggunakan perahu karet ataupun perahu motor. Tersedia pula fasilitas berupa becak air, bebek air, dan becak mini bendi. Kalau enggan bermain air, bisa pula menggunakan sarana lainnya seperti ATV, flying fox, dan lain-lain. Dapat pula mengajak si kecil untuk memancing di sini. Seru!

baca juga: Pasar Bunga Bandungan – Tempat Cuci Mata dan Berburu Bunga Murah di Semarang

Liburan Edukatif Sekaligus Kuliner di Kampoeng Rawa Ambarawa

Di sini, si kecil bakal bisa diajak untuk lebih mengetahui tentang ekologi danau yang berada di kampung ini. Mereka pun bisa mendapatkan informasi baru mengenai cara menjaga lingkungan agar tetap terjaga. Apalagi, kampung ini sengaja dibangun untuk mempromosikan ekologi danau sekaligus sebagai sarana untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat setempat.

baca juga: Taman Srigunting Semarang – Tempat Hunting Foto Favorit di Kawasan Kota Lama

Kampoeng Rawa Ambarawa
by كَمَاتَدِيْنُ تُدَانُ

Lebih lanjut, Kampoeng Rawa Ambarawa ini juga memiliki kuliner yang menarik. Di sini terdapat restoran apung yang berada di tengah danau. Anda akan bisa menyantap berbagai jenis makanan di sini. Utamanya adalah hasil olahan dari berbagai bahan lokal. Mulai dari ikan lele, tilapia, ataupun gurame. Sebagai tambahan, bisa pula menemukan menu berupa mi atau nasi goreng.

Kampoeng Rawa Ambarawa
by Oxy (@jahesanten)

Lokasi dan Tiket Masuk Kampoeng Rawa Ambarawa

Kampoeng Rawa Ambarawa
by كَمَاتَدِيْنُ تُدَانُ

Kampoeng Rawa Ambarawa ini terletak di Kecamatan Ambarawa, tidak jauh dari Danau Rawa Pening. Keberadaannya sudah bisa ditemukan sejak tahun 2012 dan merupakan hasil inisiatif dari petani setempat. Untuk masuk ke tempat ini, tentu saja tidak gratis. Di hari biasa, pengunjung dikenakan biaya sebesar Rp90 ribu per orang. Sementara saat hari Minggu atau hari libur, tarifnya menjadi Rp100 ribu per orang.