Jembatan Suroboyo, Ikon Wisata Terbaru di Kota Pahlawan

Jembatan Suroboyo yang baru saja diresmikan pada tanggal 9 Juli 2016 lalu menjadi destinasi wisata menarik di ibukota Provinsi Jawa Timur. Jembatan ini pun semakin mempercantik penampilan kota Surabaya, terlebih sebelumnya juga telah ada Jembatan Suramadu yang terkenal kemegahannya.

Jembatan ini pun memperlihatkan keindahan pantai yang dulu sulit untuk bisa dinikmati oleh masyarakat Surabaya. Terlebih, jembatan yang satu ini bisa dikunjungi secara gratis dan lokasinya juga tidak terlalu jauh dari pusat kota Surabaya.

jembatan suroboyo cantik
Kecantikan Jembatan Suroboyo saat malam hari

Jembatan Suroboyo Kenjeran

Jembatan Suroboyo ini berlokasi di kawasan Kenjeran. Jadi tidak heran kalau ada yang menyebut jembatan ini dengan nama Jembatan Suroboyo Kenjeran atau Jembatan Kenjeran. Jembatan terbaru di Surabaya ini memiliki panjang mencapai 800 meter, lebar 18 meter serta tinggi 12 meter.

Jembatan ini pun tampil kokoh dengan keberadaan 150 tiang pancang. Didesain dengan bentuk melingkar, jembatan ini pun tampil menjadi salah satu jembatan tercantik yang ada di Jawa Timur. Terlebih lagi, pada bagian tengah jembatan terdapat air mancur yang berwarna-warni saat sore dan malam hari.

Jembatan Suroboyo jadi lokasi wisata terbaru di Surabaya

Keberadaan Jembatan Suroboyo ini pun diharapkan semakin meningkatkan kunjungan wisata ke kota Surabaya. Di sisi lain, keberadaan jembatan ini juga diharapkan mampu meningkatkan taraf hidup masyarakat yang ada di kawasan Kenjeran. Terlebih kawasan Kenjeran dikenal sebagai perkampungan nelayan yang kumuh.

baca juga: Klenteng Hong Tiek Hian, Klenteng Tertua Surabaya Berusia 700 Tahun Lebih

Di waktu yang bersamaan, Jembatan Suroboyo ini juga semakin meningkatkan keindahan wisata Kenjeran. Kalau dulu dikenal sebagai lokasi mesum, kini kondisinya sudah mulai membaik. Terlebih dari jembatan ini, para pengunjung pun dapat menyaksikan pemandangan matahari terbenam yang cantik.

Jembatan Suroboyo jadi lokasi selfie

air mancur warna-warni di jembatan suroboyo
Air mancur warna-warni di Jembatan Suroboyo via Josstoday

Meskipun baru diresmikan, keberadaan jembatan ini disambut dengan antusiasme yang tinggi oleh warga Surabaya. Bahkan pada saat peresmiannya, ribuan warga Surabaya pun berbondong-bondong menyaksikan. Terlebih karena keberadaan air mancur warna-warni yang menjadi daya tarik utama dari jembatan ini.

baca juga: 7 Tempat Wisata di Surabaya Wajib Kamu Kunjungi

Keindahan air mancur tersebut pun menjadikan Jembatan Suroboyo ini sebagai lokasi selfie yang populer. Banyak pengguna Instagram yang sengaja menyempatkan waktunya sejenak untuk bisa berpose narsis di tempat ini. Namun bagi yang ingin berpose narsis dengan latar air terjun warna-warni, hanya bisa melakukannya pada malam Minggu. Itupun dinyalakan hanya selama 60 menit.

Bagaimana? Surabaya keren bukan?