Jalur Pendakian Gunung Penanggungan Malang, Favoritnya Para Pendaki Pemula

Dari sekian banyak gunung yang ada di Jawa Timur, Gunung Penanggungan Malang merupakan favoritnya para pendaki pemula. Gunung ini banyak dipilih oleh para pendaki pemula karena mempunyai tingkat kesulitan relatif lebih mudah jika dibandingkan gunung lain di Jawa Timur.

Gunung ini juga terkenal mempunyai ukuran yang tidak setinggi gunung lain. Gunung Penanggungan Malang mempunyai puncak dengan ketinggian 1.653 mdpl. Jadi tidak heran kalau para pendaki yang ingin melakukan pendakian di tempat ini bisa menyelesaikannya dalam waktu yang singkat.

Gunung Penanggungan Malang
Keindahan Gunung Penanggungan Malang

baca juga: Menggapai Puncak Gunung Rinjani Pulau Lombok

Jalur Pendakian Gunung Penanggungan Malang

Bagi para pendaki yang ingin menaklukkan Gunung Penanggungan Malang, terdapat empat pilihan rute yang biasa dilalui. Empat rute pendakian itu adalah via Tamiajeng, via Jolotundo, dan yang terakhir adalah via Gajah Mungkur.

Dan dari empat pilihan rute pendakian tersebut, via Tamiajeng kerap menjadi pilihan para pendaki pemula. Utamanya karena jalur ini mempunyai rute yang relatif lebih pendek dan tidak terlalu sulit. Waktu pendakian pun singkat. Namun jalur ini tidak mempunyai sumber mata air.

Gunung Penanggungan Malang
Pemandangan sunrise di Gunung Penanggungan Malang

Bagi traveler yang memilih untuk melakukan pendakian via Tamiajeng, bisa menuju ke Desa Tamiajeng yang ada di Trawas. Desa ini berada tidak jauh dari Air Terun Dlundung. Dan kepada setiap para pendaki, dikenakan biaya masuk sebesar Rp8.000,00 per orang dan akan diberikan kantong plastik yang berguna sebagai tempat sampah.

Persiapan Pendakian Gunung Penanggungan Malang

Untuk mendaki Gunung Penanggungan Malang ini, Anda harus tetap menyediakan perbekalan dengan baik. Gunung ini memang tidak setinggi Gunung Semeru. Meski begitu, alam tidak seramah seperti yang Anda kira. Bahaya bisa dihadapi kapan saja ketika berada di alam liar.

baca juga: Perlengkapan Naik Gunung untuk Para Pendaki Pemula, Penting Nih!

Misteri Gunung Penanggungan Malang

Gunung ini memang tidak terlalu tinggi, hanya punya ketinggian 1.653 meter di atas permukaan laut. Meski begitu, banyak yang menyebut gunung ini sebagai versi mini Gunung Semeru. Bahkan Gunung Penanggungan Malang ini kerap disebut sebagai salah satu dari sembilan gunung suci yang ada di tanah Jawa.

Di sepanjang jalur pendakian Gunung Penanggungan Malang, Anda pun bakal bisa menyaksikan keberadaan beberapa bangunan ala Hindu. Mulai dari keberadaan Gapura Jedong, Petirtaan Jolotundo, Petirtaan Belahan, Candi Merak, Candi Selokelir, Candi Kendalisodo, Candi Merak dan lain-lain.