Hutan Pinus Mangunan Imogiri, Tempat Pas untuk Cari Ketenangan

Hutan identik dengan suasana yang alami dan hijau. Tidak heran kalau di hutan, banyak yang datang dengan tujuan mencari ketenangan di hutan. Lain halnya kalau datang ke Hutan Pinus Mangunan Imogiri. Anda tidak hanya disuguhi dengan suasana tenang, tapi juga pemandangan yang menyejukkan mata.

Hutan Pinus Mangunan Imogiri saat ini telah bertransformasi menjadi destinasi wisata yang populer di Yogyakarta. Terlebih di kalangan para wisatawan yang suka berburu foto untuk dipajang di Instagram. Hutan Pinus Mangunan merupakan lokasi yang sangat tepat. Anda bakal mendapatkan ratusan foto bagus kalau datang ke tempat ini. Dengan catatan, ponsel dalam kondisi baterai penuh, ya!

baca juga: Pantai Pasir Kadilangu Kulonprogo, Lupakan Mantan dan Bahagia di Sini 

Hutan Pinus Mangunan Imogiri
Instagram photo by Rizka Tri Apriliana

Hutan Pinus Mangunan Imogiri Jadi Lokasi Foto Prewedding Romantis

Siapa sangka, hutan pinus seluas 500 hektare ini juga menjadi tempat yang romantis untuk melangsungkan sesi foto prewedding. Tidak sedikit para calon pengantin yang memilih Hutan Pinus Mangunan Imogiri sebagai tempat romantis untuk sesi foto preedding. Bahkan, banyak yang berasal dari luar kota dan rela menempuh perjalanan jauh untuk ke sini.

baca juga: Gardu Action Pantai Parangkusumo, Wisata Edukasi Kreatif Yogyakarta

Deretan pohon pinus yang ada di kawasan Hutan Pinus Mangunan Imogiri ini memang eksotis. Terlebih, pohon pinus dianggap sebagai lambang cinta yang tulus oleh orang Korea. Terutama karena pohon pinus merupakan pohon dengan batang yang lurus. Hal ini melambangkan cinta yang setia dan tidak bercabang. Sementara itu, daun pohon pinus dianggap sebagai lambang cinta yang abadi.

Berburu Foto Instagramable di Hutan Pinus Mangunan Imogiri

Anda yang datang ke sini juga dapat melengkapi foto untuk dipajang di Instagram. Banyak spot keren yang menjadi favorit lokasi foto. Termasuk di antaranya adalah keberadaan gardu pandang serta tempat duduk dari kayu pinus serta panggung tengah hutan. Suasana akan semakin eksotis kalau Anda datang ke tempat ini pada saat hutan diselimuti oleh kabut.

Hutan Pinus Mangunan Imogiri
Instagram photo by Trafyar

Berbagai Aktivitas Wisata di Hutan Pinus Mangunan Imogiri

Para pengunjung juga tidak perlu khawatir bosan saat berkunjung ke sini. Ada banyak aktivitas selain foto-foto yang bisa dilakukan. Mulai dari aktivitas trekking, outbond, hingga menyaksikan pemandangan dari Puncak Becici yang lokasinya cukup berdekatan dengan hutan pinus ini.

Hutan Pinus Mangunan Imogiri
Instagram photo by Herman Aga

Tiket Masuk dan Lokasi Hutan Pinus Mangunan Imogiri

Hutan Pinus Mangunan Imogiri ini terletak di Desa Dlingo yang berada di Kabupaten Bantul. Para pengunjung tidak dikenakan tiket masuk alias gratis. Hanya saja, Anda perlu membayar uang parkir, terutama bagi yang bawa sepeda motor dan mobil yang masing-masing tarifnya adalah tiga ribu rupiah dan 10 ribu rupiah.

Rute Menuju Hutan Pinus Mangunan Imogiri

Tidak ada angkutan umum yang melayani perjalanan menuju ke lokasi Hutan Pinus Mangunan Imogiri. Jadi, satu-satunya metode untuk ke sini adalah dengan naik kendaraan pribadi. Bisa menggunakan rute Terminal Yogyakarta – Imogoro Timur – belok ke arah Makam Raja-Raja Imogiri di Pertigaan Imogiri – Mangunan – Hutan Pinus Mangunan.