Hutan Mangrove Ujungpangkah, Pilihan Wisata Alam Murah Meriah di Gresik

Ada banyak tempat wisata yang jarang diketahui di Kota Gresik yang dikenal sebagai kota industri. Salah satunya adalah keberadaan Hutan Mangrove Ujungpangkah. Keberadaan hutan bakau yang ada di tempat ini menjadi lokasi tempat berlibur yang sebenarnya menarik untuk dikunjungi. Hanya saja, popularitasnya memang masih cukup minim.

Tempat wisata alam ini terbilang baru di Kota Gresik. Sejak keberadaannya terungkap lewat jejaring sosial, masyarakat Kota Gresik dan sekitarnya pun mulai cukup banyak berdatangan ke tempat ini. Terutama pada saat musim liburan atau akhir pekan. Utamanya yang datang ke tempat ini adalah para kawula muda yang tengah mencari lokasi untuk berfoto yang keren.

hutan mangrove ujungpangkah
Instagram photo by @erickmultitalent

baca juga: Monumen Jalesveva Jayamahe, Simbol Kejayaan Maritim Indonesia di Surabaya

Di tempat ini, terdapat jembatan kayu yang menjadi tempat untuk bisa menyaksikan keindahan alam hutan bakau. Sebagai tambahan, ada pula perahu yang siap mengantar para wisatawan untuk mengitari wilayah Hutan Mangrove Ujungpangkah.

hutan mangrove ujungpangkah
Instagram photo by @chimutt___

Secara khusus, terdapat pula dua rumah joglo dan trek joging yang dibangun di tempat ini. Kalau mau, Anda juga bisa turut berpartisipasi dalam acara penanaman bibit mangrove yang kerap dilakukan oleh warga sekitar.

Tiket Masuk Hutan Mangrove Ujungpangkah

Tempat ini menjadi pilihan wisata murah meriah di Kabupaten Gresik. Setiap pengunjung hanya dikenakan tarif masuk sebesar Rp10 ribu rupiah. Sementara untuk anak-anak, terdapat tiket masuk sebesar Rp5 ribu. Sebagai tambahan, ada pula biaya parkir sebesar Rp2 ribu.

hutan mangrove ujungpangkah
Instagram photo by @young_guns15

baca juga: Eksotisme Bukit Kapur Sekapuk Gresik, Tempat Foto yang Instagrammable

Lokasi Hutan Mangrove Ujungpangkah Gresik

Sejatinya, lokasi Hutan Mangrove Ujungpangkah yang juga dikenal dengan nama Wisata Mangrove Banyuurip ini cukup terpencil. Tepatnya di Dusun Banyulegi di Desa Banyuurip, Ujungpangkah. Para wisatawan pun perlu menempuh perjalanan yang cukup jauh kalau ditempuh dari pusat Kota Gresik.

hutan mangrove ujungpangkah
Instagram photo by @fido.da

Rute Menuju Hutan Mangrove Ujungpangkah atau Wisata Mangrove Banyuurip

Kalau ingin menuju ke tempat ini, Anda terpaksa harus menggunakan kendaraan pribadi. Karena memang tidak ada angkutan umum yang bisa mengangkut Anda ke sini. Perjalanan pun bisa dilakukan dari arah Kota Surabaya ataupun Lamongan dan menuju ke wilayah Kecamatan Manyar.

baca juga: Pesona Indah Pantai Delegan Gresik di Jawa Timur

Dari sana, Anda tinggal mengikuti jalan dan searah menuju ke lokasi Pantai Delegan. Selanjutnya, Anda akan mendapati keberadaan Desa Banyuurip. Di sini, Anda akan menemukan keberadaan sebuah gang kecil yang terletak di depan kantor balai desa. Nah, itulah jalur menuju lokasi Hutan Mangrove Ujungpangkah.