Gunung Kasur, Situs Prasejarah di Atas Gunung Dengan Panorama Keindahan Puncak Cianjur

Salah satu destinasi wisata yang tersembunyi di Daerah Cipanas Tepatnya Kecamatan Pacet adalah situs Gunung Kasur, yang berlokasi di perbatasan Desa Gadog dan Desa Cibodas. Berada di ketinggian ± 1.080 DPL, situs ini memiliki panorama yang menyejukkan mata. Tidak hanya itu, hamparan gunung yang penuh pepohonan dengan udara yang sejuk, mampu menghilangkan penat seketika dari aktivitas keseharian. Seperti yang lainnya Situs Gunung Kasur juga memiliki cerita di dalamnya. Entah dimulai sejak kapan, Situs Gunung Kasur sering jadi destinasi wisata, tidak hanya warga Cianjur tapi juga daerah lainnya. Serupa namanya, Situs Gunung Batu Kasur disebut karena di puncak gunung terdapat lempengan batu menyerupai kasur lengkap dengan bantal dan gulingnya. Tidak diketahui kepemilikan kasur ini, tapi, hal ini menjadi rata-rata alasan para pengunjung untuk datang ke sini.

Gunung Kasur

Tidak hanya soal lempengan batu menyerupai kasur, di Situs Gunung batu Kasur juga terdapat telapak kaki, yang konon kabarnya merupakan kaki patih pertama Cianjur. Kaki tersebut tercetak di sebuah batu besar di sekitar Gunung Batu Kasur dengan posisi seolah hendak pergi ke suatu tempat. Sayangnya, tak ada penelitian lebih lanjut mengenai situs ini. Cerita yang menyelimutinya dibiarkan berkembang di masyarakat. Tidak hanya itu, kondisinya pun seolah tidak terawat, bahkan sejumlah benda di sekitar situs seperti batu berupa bantal dan guling sudah hilang. Bagi pengunjung yang akan mengunjungi situs yang berada di lahan sekitar 2,5 hektar ini, harus memiliki persiapan. Pasalnya, kurangnya perhatian pemerintah menyebabkan fasilitas di situs ini masih sangat minim. Hal tersebut tentunya menyulitkan, terutama bagi pengunjung yang tidak terbiasa untuk tracking. Kondisi jalan menuju situs ini biasanya akan lebih licin  jika sudah diguyur hujan. Mungkin agak sedikit heran dengan nama situs gunung batu kasur, dan banyak yang belum mengenal objek wisata yang baru di kenal ini, namun bagi masyarakat Cianjur, objek wisata gunung batu kasur bukanlah baru melainkan sejak orang tua dahulu pun objek ini sudah ada, namun pemerintah kota cianjur baru membuka objek wisata baru ini di tahun 2015 lalu, Entah ada apa legenda atau misteri yang ada di sana namun sekitar dua tahun terakhir tempat ini jadi magnet baru di kawasan wisata kota Cipanas – Cianjur. Kondisi Gunung Kasur nampak kurang terawat karena masih banyak sampah yang di buang wisatawan yang datang karena rasa penasarannya. Menaklukkan Gunung Kasur tidaklah mudah karena butuh usaha yang lebih. Namun saat ini sudah terdapat tangga dari tanah untuk mempermudah wisatawan melakukan tracking.

Daya Tarik Gunung Kasur

 

Daya Tarik Gunung Kasur

Daya Tarik Gunung kasur yaitu terdapat pemakaman kuno yang konon merupakan makam pendiri kerajaan Cianjur, keberadaan makam yang dikramatkan oleh penduduk setempat. Menurut beberapa warga sekitar, makam tersebut merupakan makam Eyang Jaya Paksi yang dipercaya merupakan keturunan Kerajaan Banten. Selain memiliki pemandangan yang indah, Gunung Kasur juga dipercaya sebagai salah satu situs prasejarah. Dari atas Gunung Kasur, Sobat NgetripMuluu bisa menikmati hamparan panorama gunung yang indah sambil menghirup udara segar yang dikeliling dengan pepohonan yang rimbun. Selain itu situs tersebut tengah populer, selain dapat menikmati panorama gunung Gede Pangrango yang penuh dengan keindahan dan udara sejuk, terutama di kalangan remaja yang seringkali memadati lokasi untuk berfoto ria, juga dengan bermain baling-baling, sehingga selain menjadi objek wisata juga menjadi arena permainan.

Fasilitas Gunung Kasur

Fasilitas Gunung Kasur

Ada beberapa Fasilitas Gunung Kasur diantaranya:

  • Parkir ( +/- 50 m2 ) dapat dilalui dengan kendaraan roda empat kecil dan kendaraan bermotor .
  • Tangga untuk memudahkan wisatawan berkunjung ke objek utama .
    Camping ground ( dekat lahan parkir )
  • Warung sederhana
  • Tempat sampah
  • Toilet / wc

Tiket Masuk

Untuk Tiket Masuk Gunung Kasur

  • Orang : Rp. 5000 / orang
  • Motor : Rp. 5000 / motor

Lokasi Gunung Kasur

 

Lokasi Gunung Kasur

 

Lokasi Gunung Kasur tepatnya Berada di Jalan Gadog 1 Desa Gadog – Desa.Cibodas, Kecamatan Pacet, Kabupaten Cianjur