Gulai Kambing Bustaman Pak Sabar, Gulai Kambing Khas Semarang yang Melegenda

Nama Kedai Gulai Kambing Bustaman Pak Sabar di Semarang menjadi lokasi makan yang sudah sangat terkenal. Gulai kambing di sini cita rasanya telah memiliki tempat tersendiri di hati para pencinta kuliner. Apalagi, resep serta rasanya juga sangat jauh berbeda dibandingkan dengan gulai kambing biasa.

Perbedaan yang paling mencolok dari Gulai Kambing Bustaman Pak Sabar dengan gulai kambing biasa adalah pada kuahnya. Biasanya, kuah gulai kambing dibuat dengan mencampurkan bahan santan. Namun, di sini Anda tak akan menjumpai kuah kental bersantan. Sebagai gantinya, kuah tersebut menggunakan campuran serundeng.

Gulai Kambing Bustaman Pak Sabar

Serundeng dibuat dengan menggunakan kelapa yang telah diparut dan kemudian disangrai sampai kering. Setelah itu, parutan kelapa kering itu dicampur dengan beragam jenis bumbu dan kemudian ditumbuh hingga halus. Hasilnya, kuah pada gulai kambing ini memiliki warna bening dan terasa menyegarkan.

Gulai Kambing Bustaman Pak Sabar Kuliner Legendaris Sejak Tahun 1969

Selain memiliki kuah berbeda, Gulai Kambing Bustaman Pak Sabar ini juga sudah berdiri sejak lama. Tercatat, kedai ini telah ada sejak tahun 1969. Ciri khas dari gulai kambing di sini adalah bumbu yang gurih serta potongan daging yang berukuran besar. Tidak ketinggalan, Anda juga bisa memperoleh jerohan selama di sini.

Pada awal dagangnya, Pak Sabar menjanjakan gulai kambingnya dengan ara berkeliling menggunakan pikulan. Beliau menjanjakan dagangannya di area Kota Lama. Setelah memperoleh popularitas karena kelezatannya, Pak Sabar akhirnya mendirikan kedai sederhana yang berlokasi di belakang Gereja Blenduk.

Harga dan Lokasi Gulai Kambing Bustaman Pak Sabar

Untuk mencicipi kuliner legendaris khas Semarang ini juga sangat mudah. Anda dapat secara langsug datang ke lokasinya di kawasan Kota Lama Semarang. Setelah puas berkeliling Gereja Blenduk, bisa secara langsung menuju bagian belakang gereja tersebut. Di sinilah lokasi kedai Gulai Kambing Bustaman Pak Sabar.

Harga gulai kambing di sini juga tidak terlalu mahal. Anda bisa memperoleh seporsi gulai kambing dengan banderol sebeser Rp25 ribu. Sebagai tambahan, nasi putih, es teh, serta keripik tempe masing-masing dipatok dengan banderol Rp2 ribu, 2.500 rupiah, serta Rp1.000.