Gudeg Mbah Lindu Sosrowijayan, Gudeg Legendaris yang Telah Ada Sejak Zaman Penjajahan

Banyak kuliner legendaris enak di Kota Yogyakarta. Gudeg Mbah Lindu Sosrowijayan menjadi satu di antaranya. Bahkan, Mbah Lindu yang merupakan penjual nasi gudeg ini dikenal sebagai penjual gudeg tertua dengan usia nyaris satu abad.

Gudeg Mbah Lindu Sosrowijayan Jadi Pedagang Gudeg Tertua

Mbah Lindu yang telah berusia 96 tahun mengaku kalau dirinya telah berdagang nasi gudeg sejak zaman penjajahan Jepang. Dia mengatakan kalau saat itu, dirinya berjualan dengan cara berkeliling. Tak lupa, dikisahkannya kalau saat itu dirinya sudah punya 1 anak.

Gudeg Mbah Lindu Sosrowijayan
via nanina_meilyana

Mbah Lindu yang memiliki nama asli Setya Utama ini dulunya menjanjakan dagangannya di sepanjang Klebengan, E-6 Depok, Caturtunggal, Sleman, hingga kawasan Kaliurang. Semuanya dilakukan dengan cara berjalan kaki.

Namun, saat ini dirinya telah menetap di Gudeg Mbah Lindu Sosrowijayan yang terletak di Jalan Sosrowijayan. Dia pun sudah tak perlu lagi berjalan kaki. Sebagai gantinya, Mbah Lindu diantar oleh cucunya dengan mobil dan menggelar dagangannya dari jam 5 pagi sampai jam 10 siang.

Gudeg Mbah Lindu Sosrowijayan Jadi Favorit Wisatawan Domestik dan Mancanegara

Memiliki reputasi sebagai pedagang gudeg tertua menjadi berkah tersendiri bagi Mbah Lindu. Sebagai buktinya, banyak wisatawan yang menyempatkan waktunya untuk mencicipi makanan gudeg di Gudeg Mbah Lindu Sosrowijayan.

Wisatawan yang datang ke sini tak hanya wisatawan lokal. Para turis mancanegara juga kerap berkunjung. Sontak saja, hal tersebut cukup kontras dengan cara berjualan Mbah Lindu yang menggunakan sebuah poskamling untuk menggelar dagangannya.

Cita Rasa Legendaris Gudeg Mbah Lindu Sosrowijayan yang Terus Dipertahankan

Menu gudeg di sini juga memiliki cita rasa yang terus dipertahankan. Mbah Lindu mengatakan kalau dirinya berkecimpung langsung dalam proses pembuatan gudeg. Resepnya pun terus dipertahankan sejak zaman Jepang hingga sekarang.

Cara Menuju Lokasi Warung Gudeg Mbah Lindu Sosrowijayan

Bagi wisatawan yang ingin mencicipi kuliner legendaris ini, bisa datang secara langsung ke Jalan Sosrowijayan pada rentang antara pukul 5 hingga 10 pagi. Harganya murah, berkisar antara Rp15 ribu sampai Rp20 ribu.

Meski murah, dijamin deh, cita rasa nasi gudeg di sini bakal membuat Anda ingin kembali mencicipinya.