Gua Selomangleng Kediri, Wisata Alam yang Punya Nilai Sejarah Tinggi di Jawa Timur

Gua Selomangleng Kediri menjadi tempat wisata menarik selain Gunung Kelud yang ada di wilayah Kediri, Jawa Timur. Gua ini memiliki nilai budaya dan sejarah yang tinggi. Tak heran jika keberadaan Gua Selomangleng menjadi kebanggaan masyarakat Kediri.

Nama Gua Selomangleng Kediri berasal dari kata “Selo” yang bermakna batu dan kata”Mangleng” yang bermakna miring. Sehingga dapat diartikan bahwa Gua Selomangleng adalah batu yang kedudukannya miring apabila dilihat dari permukaan tanah.

Gua Selomangleng Kediri

Kesan Angker di Gua Selomangleng Kediri

Gua ini terbentuk dari batuan andesit hitam dengan ukuran yang besar dan nampak sangat mencolok jika dilihat dari kejauhan. Gua Selomangleng terletak di kaki Gunung Klotok. Tempat ini dulu terkesan angker. Namun seiring berjalannya waktu lokasi ini menjadi objek wisata yang sering dikunjungi wisatawan karena keunikan dan sejarahnya.

baca juga: Air Terjun Irenggolo Kediri, Wisata Alam Cantik di Lereng Gunung Wilis

Pintu masuk gua berupa 2 lubang dengan ukuran yang cukup besar. Untuk memasuki mulut gua, hanya perlu menapaki jalan batu hingga sampai di mulut gua. Di pintu gua ini Anda akan mendapati relief-relief dengan pola-pola gambar yang unik.

Gua Selomangleng Kediri

Semakin masuk ke dalam, Anda akan menemukan tempat pembakaran dupa disertai altar untuk meletakkan bunga. Tak heran jika bau dupa di dalam gua sangat menyengat sehingga kesan mistis sangat kental terasa. Terdapat juga sebuah ceruk yang digunakan untuk bertapa.

Menurut kepercayaan masyarakat Kediri, Gua Selomangleng adalah tempat pertapaan dan petilasan Dewi Kilisuci. Dewi Kilisuci adalah putri mahkota Raja Airlangga yang konon bertapa dan menghabiskan waktunya di Gua Selomangleng agar rakyat Kediri terhindar dari marabahaya.

baca juga: Kampung Anggrek Kediri, Tempat Wisata Indah Terbaru di Jawa Timur

Cara Menuju Lokasi Gua Selomangleng Kediri

Gua Selomangleng tepatnya berada di Jalan Mastrip, Mojoroto, Pojok, Kediri. Jika berangkat dari Alun-Alun Kota Kediri, maka Anda bisa langsung ke arah barat melewati Jembatan Sungai Brantas lurus hingga sampai Terminal Kediri kemudian belok kanan. Sampai di perempatan Sukorame, pilih arah kiri dan lurus saja hingga sampai sekitar 2 kilometer maka disitulah lokasi wisata Gua Selomangleng Kediri.

Tak hanya menyuguhkan wisata gua yang seru untuk dijelajahi, di objek wisata ini juga terdapat kolam renang atau pemandian. Tarif masuk ke wisata Gua Selomangleng sebesar Rp 4.000 untuk orang dewasa dan Rp. 2.500 untuk anak-anak. Jika Anda ingin berlama-lama bermain air di kolam pemandian maka dikenakan tiket sebesar Rp 4.000.