Gua Gong Pacitan, Gua Terindah di Asia Tenggara

Bergelar Kota Seribu Satu Gua, Pacitan memang memiliki deretan wisata gua yang indah. Gua Gong Pacitan menjadi deretan terdepan. Apalagi, gua yang satu ini kerap disebut sebagai salah satu gua terindah yang ada di kawasan Asia Tenggara.

Gua Gong Pacitan merupakan wisata andalan Kabupaten Pacitan dengan keindahan yang luar biasa. Batuan kapur di dalam gua menyajikan eksotika tinggi. Stalaktit yang menjuntai ke bawah bak tirai serta stalagmit yang menjulang tinggi memperlihatkan keindahan yang menawan.

Gua Gong Pacitan
by syaifuddin anwar

baca juga: Pantai Karang Bolong Pacitan, Pantai Unik dengan Karang Berlubang

Uniknya, setiap stalaktit dan stalagmit yang ada memiliki nama seperti Selo Giri, Selo Pakuan Bomo, Selo Citro Cipto Agung, Selo Adi Citro Buwono, Selo Bantaran Angin dan lainnya. Keindahan pemandangan dalam gua pun semakin tampak indah dengan pencahayaan lampu warna warni yang menyala setiap dua menit.

Gua Gong Pacitan ini memiliki tujuh ruangan dengan keunikan masing-masing. Ruang pertama disebut taman bidadari dengan banyak batuan lancip tak beraturan bahkan ada yang menyerupai sedotan. Masuk ruang kedua, pengunjung dibuat takjub oleh gundukan batu yang permukaannya tidak rata.

Gua Gong Pacitan
by Ngebolang Bareng Try To Escape

Di ruang ketiga akan nampak stalaktit besar yang menjuntai hingga ke dasar gua. Warga lokal menyebutnya Selo Dudur Langit (batu penyangga langit-langit bumi). Di ruang keempat juga terdapat stalaktit bernama Selo Citra Cipta Agung (batu yang melambangkan kebesaran ciptaan Tuhan Yang Maha Agung) dengan warna stalaktitnya lebih berkilau indah daripada yang di ruang ketiga.

baca juga: Pantai Teleng Ria Pacitan, Destinasi Wisata Populer di Jawa Timur

Pada ruang kelima Anda akan menemukan sumber mata air Sendang Kamulyan, Sendang Larung Nista pada ruang keenam serta pada ruang ke tujuh terdapat sumber mata air Sendang Panguripan dan Sendang Jampi Raga. Di ruang ke tujuh inilah batu menjuntai yang bernama Cengger Bumi berada. Batu ini jika dipukul mengeluarkan bunyi layaknya gong. Itulah mengapa gua wisata ini dinamakan Gua Gong.

Gua Gong Pacitan
by Reisha Aprillia

Cara Menuju Lokasi Gua Gong Pacitan

Berada di wilayah Desa Bomo, Kecamatan Punung, Kabupaten Pacitan, Gua Gong dapat diakses dari pusat Kota Pacitan menuju arah barat dalam 30 kilometer perjalanan atau sekitar 45 menit berkendara dengan melalui jalan Solo-Pacitan. Sudah banyak papan penunjuk jalan menuju lokasi Goa Gong Pacitan sehingga memudahkan pengunjung untuk datang. Selain itu akses jalan yang dilalui juga sudah baik dan mulus.

Tiket Masuk Gua Gong Pacitan

Untuk masuk ke Gua Gong Pacitan, pengunjung dikenakan retribusi sebesar Rp 12.000 untuk orang dewasa dan Rp 5.000 pada hari libur atau akhir pekan. Jika hari Senin-Jum’at, retribusi yang dikenakan sebesar Rp 10.000 dan anak-anak sebesar Rp 5.000.