Gua Akbar Tuban, Pilihan Wisata Murah yang Menakjubkan di Jawa Timur

Mencari tempat wisata murah namun tidak murahan, Anda bisa datang ke Gua Akbar Tuban Jawa Timur. Menyusuri lorong dalam Gua Akbar ditemani indahnya batuan stalaktit dan stalagmit serta gemericik air bisa menjadi pengalaman yang menakjubkan.

Keindahan Gua Akbar tak hanya berupa batuan stalaktit dan stalakmit. Dari pintu masuk, Sendang Tirta Merta akan menyambut kedatangan Anda. Di kolam ini banyak ikan yang berseliweran. Air kolamnya berasal dari sumber Kedung Tirto Agung yang juga ada di dalam gua ini.

gua akbar tuban
by Dhini Oktaviana Wulandari

baca juga: Jawatan Benculuk Banyuwangi, Wisata Instagrammable Gratis Terbaru di Jawa Timur

Di tengah gua, Anda juga bisa menjumpai sungai bawah tanah di sumur di Lorong Marabahaya. Sungai ini memberi kesan nyaman ketika melintasi lorong dalam gua. Gema suara lembut dari tetes-tetes air juga menjadi harmoni yang indah. Sangat pas sebagai terapi otak untuk menghilangkan stres.

Gua Akbar Tuban tak hanya menyuguhkan indahnya panorama, namun juga sangat sarat akan sejarah. Diperkirakan gua ini sudah ada sejak 20 juta tahun yang lalu. Hal ini berdasarkan kajian fosil binatang laut purba yang ditemukan pada batuan gua.

gua akbar tuban
by Ayu Pinaringan Wilujeng

baca juga: Air Terjun Sedudo Nganjuk, Wisata Alam Indah di Ketinggian Kaki Gunung Wilis Jawa Timur

Gua ini juga sangat berkaitan erat dengan sejarah Tuban dan Majapahit, masa Walisongo bahkan pada tahun 70an menjadi tempat persembunyian penjahat.

Gua ini memiliki banyak nama. Tak hanya Akbar, namun juga Ngabar, Abar bahkan ada yang menyebut Gabar. Nama Akbar ditetapkan pada masa pemerintahan Bupati Sjoekoer Soetomo yang dilanjutkan Bupati Hindarto.

Nama Akbar diambil dari kisah Sunan Bonang yang diajak oleh Raden Said (Sunan Kalijogo) mengunjungi gua ini. Sunan Kalijogo tinggal di gua ini setelah diusir oleh ayahandanya adipati Tuban, Wilotikto. Melihat keindahan pada gua ini seketika itu Sunan Bonang berucap “Allahu Akbar”. Itulah mengapa dinamakan sebagai Gua Akbar Tuban.

gua akbar tuban
via Jelajah Nesia

Lokasi dan Tiket Masuk Gua Akbar Tuban

Gua Akbar terletak tak jauh dari Pasar Baru Tuban lebih tepatnya berjarak 100 meter di belakang pasar. Bahkan bisa dikatakan lokasinya juga berada di bawah Pasar Baru karena lorong-lorong panjang gua berkelok-kelok hingga sepanjang 1,2 kilometer.

Meski hanya membayar tiket masuk Rp 5.000, namun keindahan yang tercipta di Gua Akbar Tuban bukanlah hal yang murahan. Setelah agak berkeringat menyusuri lorong gua, Anda bisa istirahat sejenak di teras gua yang sudah terdapat kursi-kursi jati.