Goa Seplawan Purworejo, Wisata Goa Mengagumkan di Jawa Tengah

Jika sedang berada di Purworejo, sempatkan mampir ke Goa Seplawan Purworejo. Belum banyak yang tahu tentang goa unik ini. Namun ternyata keindahan alam bawah tanahnya mampu memikat banyak wisatawan untuk datang.

Goa yang memiliki panjang sekitar 750 meter ini berada di ketinggian ± 900 meter di atas permukaan laut. Berada di kaki Pegunungan Menoreh menjadikan sejuk dan segarnya udara di sekitar Goa Seplawan Purworejo.

Goa Seplawan Purworejo
by radi

Lokasinya yang jauh dari hingar bingar perkotaan, sangat pas untuk penghilang stres. Sehingga tak heran objek wisata ini sering dipadati pengunjung terutama saat weekend atau musim liburan.

baca juga: Curug Cipendok Banyumas, Air Terjun Megah Setinggi 92 Meter di Jawa Tengah

Goa Seplawan pertama ditemukan pada tahun 1979. Ketika itu pula ditemukan sebuah patung yang terbuat dari emas 22 karat dengan berat mencapai 1,5 kg di salah satu sudut goa. Menurut para ahli, patung tersebut adalah patung Dewa Siwa dan Dewi Parwati yang sedang bergandengan tangan dan merupakan peninggalan zaman Hindu Siwa.

Goa Seplawan Purworejo
by Purworejo Keren

Patung emas tersebut kini disimpan di Museum Nasional Jakarta. Dan sebagai gantinya dibuatkan sebuah replika berukuran besar dan diletakkan di depan mulut Goa Seplawan. Dari penemuan ini menunjukkan bahwa Goa Seplawan adalah sebuah situs budaya yang dahulunya digunakan sebagai tempat sakral umat Hindu sehingga harus tetap dijaga dan dilestarikan.

baca juga: Kebun Raya Baturaden Banyumas, Wisata Hiburan Sekaligus Edukasi di Jawa Tengah

Keistimewaan Caving di Goa Seplawan Purworejo

Menelusuri kedalaman Goa Seplawan Purworejo, Anda akan menemukan hamparan stalaktit dan stalagmit yang cantik dan memukau. Suara gemericik air yang menetes memberi kesan menenangkan dan mendamaikan hati setiap pengunjung yang datang. Hingga tak heran jika ada orang yang melakukan ritual atau semedi di dalam Goa Seplawan.

Goa Seplawan Purworejo
by nurul chasanah

Dari lokasi parkir, Anda dapat memasuki Goa Seplawan melalui jalan yang sudah dipaving. Untuk masuk ke dalam goa, Anda harus menuruni sebuah tangga melingkar. Di dalam goa sudah terdapat penerangan jadi sangat memudahkan pengunjung untuk menelusuri goa dengan leluasa.

Sebagai objek wisata, Goa Seplawan juga sudah dilengkapi berbagai fasilitas seperti area parkir yang luas, kamar mandi/WC, mushola, gazebo, taman-taman yang ditata apik, warung-warung makan, aula untuk pertemuan, dan gardu pandang.

Yang menarik dari gardu pandang Goa Seplawan adalah keindahan pemandangan Pantai Selatan, Kota Kulon Progo, dan Waduk Sermo dapat terlihat dengan sempurna dari ketinggian. Jangan lupakan kamera Anda ketika berada di lokasi Goa Seplawan karena pasti foto Anda tampak kian ciamik dengan berlatar belakang pemandangan alam indah di sini.

Lokasi dan Tiket Masuk Goa Seplawan Purworejo

Anda dapat datang ke Goa Seplawan yang berada di Desa Donorejo, Kecamatan Kaligesing, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah pada pukul 08.00 – 17.00 setiap harinya. Tiket masuknya cukup murah hanya Rp 3.000 saja dengan tarif parkir kendaraan Rp 2.000.