Gili Labak Madura, Pulau Kecil dengan Pemandangan Menakjubkan

Ada satu tempat wisata yang kini lagi ngetren di Pulau Madura, yakni Gili Labak. Keindahan Gili Labak Madura ini sanggup membuat para traveler, utamanya dari berbagai kota di Pulau Jawa, tertarik untuk menyaksikan keindahannya. Tak hanya punya pantai yang bersih dan indah, pemandangan alam bawah laut di sini juga mengagumkan.

Gili Labak Madura baru dikenal luas dalam beberapa tahun terakhir. Dulunya, pulau kecil ini mempunyai nama Pulau Tikus. Nama itu disematkan pada Gili Labak karena pulau ini dulunya merupakan tempat tinggal para tikus. Dirasa kurang bagus, tempat ini pun akhirnya berubah nama menjadi Pulau Gili Labak.

Gili Labak Madura
Deretan perahu yang bersandar di Pantai Gili Labak Madura via getlostback

Pantai di Pulau Gili Labak ini dikenal dengan pasirnya yang putih bersih. Selain bisa berfoto ria di area pantai, para pengunjung Gili Labak juga bisa menghabiskan waktunya untuk menyelami keindahan alam bawah laut perairan Gili Labak. Fasilitas di pulau ini masih sangat minim, jadi lebih baik persiapan membawa alat snorkeling sendiri.

Gili Labak Madura
Siapa sih yang tidak tergoda dengan pemandangan indah seperti ini? via getlostback

Lokasi Pulau Gili Labak

Pulau Gili Labak ini merupakan bagian dari wilayah Kecamatan Talang di Kabupaten Sumenep, Jawa Timur. Untuk menuju ke tempat ini, para traveler bisa menggunakan sarana kapal yang melayani rute penyeberangan Kalianget menuju Gili Labak.

Perjalanan ke Gili Labak Madura

Memulai perjalanan ke Gili Labak Madura bisa dilakukan dari Kota Surabaya yang dikenal sebagai kota terbesar di Jawa Timur. Dari kota ini, Anda bisa memilih untuk menggunakan kendaraan pribadi atau sewa menuju ke Kabupaten Sumenep di Pulau Madura.

Pada perjalanan ke sana, Anda sekalian bisa menyaksikan kemegahan Jembatan Suramadu yang menjadi penghubung antara Surabaya dengan Pulau Madura. Selanjutnya, perjalanan bisa langsung diteruskan menuju Kalianget, Sumenep.

baca juga: Pantai Peh Pulo Blitar, Versi Mini Raja Ampat di Jawa Timur

Kalau enggan menggunakan kendaraan pribadi, bisa pula memilih untuk menggunakan bus umum. Perjalanan menuju Sumenep dari Kota Surabaya bisa dilakukan dengan naik bus umum yang berangkat dari Terminal Bus Bungurasih. Tenang saja, setiap jam ada kok bus yang melayani pemberangkatan menuju Sumenep.

Sesampainya di Kalianget, para traveler bisa menggunakan jasa sewa kapal. Kapal-kapal di sana mempunyai kapasitas penumpang sebanyak 15 orang. Harus pandai-pandai menawar. Kebanyakan bakal bisa memperoleh harga sebesar Rp350.000,00 per kapal.

Kalau enggan repot, saat ini juga banyak kok layanan tur yang mengajak para wisatawan untuk menyaksikan keindahan Gili Labak. Anda tidak perlu repot-repot mengurusi tetek bengek persiapan serta perlengkapan yang dibutuhkan. Tinggal duduk dengan nyaman saja di dalam bus.

baca juga: Pantai Teleng Ria Pacitan, Destinasi Wisata Populer di Jawa Timur

Penginapan di Gili Labak

Untuk penginapan yang ada di Gili Labak Madura, hanya tersedia rumah-rumah warga yang bisa ditempati. Selain itu, Anda juga bisa memilih untuk membawa perlengkapan camping untuk bisa mendirikan tenda di tepi pantai. Atau kalau mau, tersedia juga gazebo pinggir pantai.

Pilihan lainnya, bisa pula menemukan berbagai hotel yang ada di Sumenep. Agak jauh memang, namun dengan menginap di Sumenep, tingkat kenyamanan yang diperoleh bakal lebih bagus.