Es Krim Toko Oen, Wisata Kuliner Legendaris di Kota Malang

Kalau bicara tentang wisata kuliner di Kota Malang, dijamin, bakal tidak ada habisnya. Namun, dari sekian banyak wisata kuliner di Malang, Es Krim Toko Oen menjadi tempat yang tak boleh dilewatkan. Terlebih, Toko Oen kerap disebut sebagai wisata kuliner legendaris di Kota Malang. Terlebih untuk para pecinta es krim, wajib deh datang ke tempat ini.

Sejarah Es Krim Toko Oen

Es Krim Toko Oen ini mengandalkan nilai sejarah yang kental sebagai kuliner yang telah berdiri sejak zaman penjajahan Belanda. Pada awal pendiriannya, Toko Oen dibuat oleh sepasang suami istri Oen Tjoen Hok (Opa Oen) dan Liem Gien Nio (Oma Oen) di Kota Yogyakarta. Terdapat empat toko yang menjadi awal mula pendirian Es Krim Toko Oen, yakni Yogyakarta (1910-1937), Jakarta (1934-1973), Malang (1936-1990), dan terakhir Semarang (1936-sekarang).

Dari empat cabang tersebut, memang hanya satu yang masih dijalankan dan dimiliki oleh keturunan Opa dan Oma Oen, yakni di Semarang. Sementara itu, Toko Oen yang ada di Malang, sejak tahun 1990 telah berganti kepemilikan. Meski begitu, pemilik Es Krim Toko Oen Malang masih berusaha mempertahankan desain bangunan seperti yang dulu. Pun halnya mengenai menu es krim yang mereka hidangkan kepada para pengunjung.

es krim toko oen
Suasana di dalam ruangan Toko Oen Malang via eastjavatraveler

Masuk ke dalam Toko Oen, pengunjung bakal dihadapkan pada suasana ala kolonial zaman Belanda. Sederhana dan memberikan kesan kepada para pengunjung untuk bisa merasakan kondisi pada saat zaman dahulu. Pengunjung ditempatkan pada kursi rotan dengan meja berbentuk bundar. Jauh dari kesan sebuah tempat kuliner yang mewah. Tak lupa, beberapa foto jadul juga dipajang di dalam ruangan Toko Oen. Mulai dari saat Bung Karno berkunjung ke Malang, foto jadul Stasiun Malang, dan lain-lain.

Harga Menu Es Krim Toko Oen Malang

es krim toko oen
Salah satu hidangan es krim di Toko Oen Malang via Tripadvisor

Es Krim Toko Oen ini merupakan tempat kuliner yang menawarkan menu es krim dengan harga cukup mahal. Bahkan, untuk satu sendok es krim bisa dipatok dengan banderol sebesar Rp35.000,00. Jadi, tidak mengherankan kalau yang datang ke tempat ini rata-rata adalah mereka yang berasal dari kalangan menengah ke atas.

Lokasi Toko Oen Malang

Kuliner legendaris ini terletak di Jalan Jenderal Basuki Rahmat Nomor 5, Kauman, Klojen di Kota Malang, Provinsi Jawa Timur.