Es Dawet Batil, Minuman Khas dari Lamongan dengan Rasa yang Menyegarkan

Tak banyak yang pernah mendengar keberadaan minuman bernama es dawet batil Lamongan. Orang lebih familier dengan es dawet ayu. Namun, kalau di Lamongan, es dawet batil ini menjadi jenis minuman yang layak untuk dicoba.

Es dawet batil Lamongan bisa dibilang menjadi salah satu minuman khas yang ada di kota ini. Penyajiannya tak jauh berbeda dengan es dawet ayu yang biasa dijumpai di pinggir jalan. Namun, sebagai tambahan Anda akan mendapati bahan bernama batil di dalam es.

Es Dawet Batil Lamongan

Apa itu batil? Batil sendiri merupakan makanan yang dibuat dengan bahan dari tepung beras serta ragi. Makanan yang memiliki cita rasa seperti apem ini dapat dimakan secara langsung, atau bisa pula diiris-iris dan dimasukkan ke dalam minuman es batil.

Es Dawet Batil Lamongan Segar dan Mengenyangkan

Dalam penyajiannya, Es dawet batil Lamongan memiliki porsi yang cukup besar. Biasa disajikan menggunakan mangkok. Di dalamnya, Anda akan mendapati potongan batil dalam jumlah yang banyak.

Tidak ketinggalan, minuman ini juga dilengkapi dengan dawet serta santan dan gula. Oleh karena itu, menikmati minuman ini ketika kondisi lingkungan tengah panas akan terasa sangat menyegarkan. Apalagi, Kota Lamongan merupakan kota pesisir yang terkenal panas.

Lokasi Warung yang Menyajikan Es Dawet Batil Lamongan

Hanya saja, es dawet batil Lamongan tak bisa ditemukan secara mudah. Tak banyak penjual yang menawarkan menu minuman ini. Salah satu tempat yang dapat Anda kunjungi untuk mencicipi minuman yang menyegarkan sekaligus mengenyangkan ini adalah warung Bu Bayinah.

Es Dawet Batil Lamongan

Warung ini berlokasi di Desa Bulubrangsi, Kecamatan Laren, Kabupaten Lamongan. Lokasinya memang cukup terpencil, dan berada cukup jauh dari jalur pantura atau jalan yang menghubungkan Lamongan-Babat.

Namun, lokasi yangada di pelosok itu tak membuat warung ini sepi pengunjung. Bahkan, warung ini selalu ramai dan berhasil menjual ratusan mangkok es dawet batil Lamongan per hari. Apalagi, harganya juga sangat murah, hanya Rp3 ribu.

Selain warung Bu Bayinah, Anda juga dapat menjumpai warung serupa yang menawarkan menu es dawet batil di Karanggeneng dan Solokuro. Hanya saja, warung Bu Bayinah lebih terkenal karena telah menawarkan minuman ini sejak tahun 1990.