Desa Batu Bulan Gianyar, Desa Kesenian yang Wajib Dikunjungi untuk Para Pencinta Seni di Bali

Liburan ke Bali tak lengkap jika tak mengunjungi pedesaan yang sarat akan seni dan kebudayaan. Salah satu desa yang wajib dikunjungi ialah Desa Batu Bulan Gianyar merupakan salah satu desa kesenian di Kabupaten Gianyar, Bali. Desa Batu Bulan terkenal akan sentra patung dan ukiran yang cukup kondang dikalangan wisatawan domestik maupun mancanegara. Tak hanya itu, Batu Bulan Village juga terkenal juga sebagai tempat penyelenggaraan berbagai seni pertunjukkan.

Desa Batu Bulan Gianyar

Desa yang sebagian besar penduduknya memiliki keahlian membuat patung dan memahat ukiran. Kemampuan tersebut diwariskan turun temurun dan tetap dilestarikan dan dikembangkan hingga sekarang. Berkembang pesatnya keahlian membuat patung dan memahat ukiran, maka tak heran sepanjang jalanan desa ada begitu banyak toko kesenian dan galeri yang memajang dan menjual karya seni dan kerajinan tangan yang dibuat penduduk sekitar.

Asal Mula Desa Batu Bulan Gianyar

Adanya Desa Batu Bulan Gianyar berawal dari Dewa Agung Kalesan, sehingga orang anak angkat Raja Badung yang setelah dewasa diberi kemurahan oleh Raja Badung untuk mendirikan istana di tengah hutan. Bersama pengikutnya, Dewa Agung Kalesan kemudian berangkat menuju hutan di bagian timur Kerajaan Badung. Sesampainya di perbatasan hutan, Dewa agung Kalesan melihat sebuah batu yang bercahaya seperti bulan. Dari kemunculan batu tersebut kemudian membuat tempat ini dinamakan Batu Bulan, dan di tempat tersebut Dewa Agung Kalesan membangun istananya.

Desa Batu Bulan Gianyar memiliki pembagian wilayah secara administratif yang terbagi menjadi 3 desa dan dibagi lagi menjadi banjar. Namun ada 2 banjaar yang masih menyajikan pertunjukan seni yakni di Banjar Denjalan dan Banjar Tegehe. Pertunjukkan seni meliputi Tari Bali ong, Tari Kecak dan Tari legong. Untuk Tari Barong dimulai pukul 09.30 WITA, sementara untuk Tari Kecak dipentaskan mulai pukul 18.30 WITA. Memasuki Desa Batu Bulan, Anda tak dikenai biaya masuk namun jika Anda menonton pertunjukan seni maka dikenai biaya tiket.

Lokasi Desa Batu Bulan Gianyar

Desa Batu Bulan berada di Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali. Sangat mudah menemukan Desa Batu Bulan, lokasinya yang merupakan perlintasan Denpasar – Kota Gianyar sekaligus pintu masuk menuju kawasan Bali barat dari arah Kota Denpasar. Anda yang akan menuju kawasan Kintamani dan Ubud dapat mampir ke Desa Batu Bulan. Dari Kota Denpasar, Anda dapat mengendarai kendaraan sekitar 15 menit menuju Desa Batubulan. Sedangkan dari Nusa Dua cukup memakan waktu sekitar 45 menit dengan berkendara.

Desa Batu Bulan Gianyar sangat terkenal dengan kerajinannya tak hanya membuat patung dan memahta ukiran, namun Desa Batu Bulan juga membuat kerajinan dari bambu serta seni batik. Hasil kerajinanya tak hanya dijual di tempat saja, namun juga dipasarkan hingga ke luar negeri. Untuk melestarikan keahlian seni dan kerajinan, Desa Batu Bulan kini telah memiliki Sekolah Menengah Kejuruan seperti Sekolah Menengah Seni Rupa, Sekolah Menengah Industri Keahlian dan Sekolah Menengah Karawitan Indonesia.

Mengunjungi Desa Batu Bulan tak lengkap jika tak membeli cendera mata khas Batu Bulan. Dan seni pertunjukan yang tak boleh dilewatkan. Akwn lebih baik jika Anda menggunakan jasa travel sebab biasanya jasa travel paham benar dengan jadwal seni pertunjukan serta menghabiskan waktu mengunjungi art shop.