Curug Lawe Benowo Kalisidi (CLBK), Wisata Dua Air Terjun di Ungaran Semarang

Sebagai ibu kota Provinsi Jawa Tengah, Semarang tak kalah dalam menyajikan pesona keindahan alamnya. Di antaranya adalah Curug Lawe Benowo Kalisidi. Wisata air yang terletak di lereng Gunung Ungaran ini seolah menjadi penghapus dahaga di kota Semarang yang panas.

Letaknya memang cukup jauh dari pusat Kota Semarang. Namun jarak bukanlah aral yang berarti untuk mendapatkan keindahan yang hakiki. Karena keindahan Curug Lawe inilah banyak wisatawan baik lokal Semarang maupun luar kota banyak yang datang berkunjung.

Curug Lawe Benowo Kalisidi
by Marchalia Rafsandjani

baca juga: Benteng Pendem Ambarawa, Wisata Sejarah di Semarang yang Eksotis

Keunikan Curug Lawe Benowo Kalisidi

Nama Curug Lawe diambil karena lokasi air terjunnya berada dalam satu cekungan tebing tinggi yang memiliki total 25 buah air terjun baik yang besar maupun kecil. Selain itu guyuran air yang jatuh ke bawah laksana benang-benang putih yang terurai (Lawe dalam Bahasa Jawa). Banyaknya aliran air terjun inilah yang menjadikan Curug Lawe tampil lebih eksotis dan menawan.

Curug Lawe Benowo Kalisidi
by Sigit Wijanarko

Untuk menikmati keindahan Curug Lawe, Anda harus sedikit bersusah payah mencapainya. Karena dari lokasi parkir kendaraan, kaki Anda harus cukup jauh melangkah menapaki jalan setapak. Jalur yang dilalui pun cukup membuat adrenalin naik. Ada turunan, tanjakan bahkan melewati jembatan dari kayu.

Jalan setapak yang ada sudah berupa beton campuran semen dan bebatuan sehingga aman ditapaki. Namun demikian harus tetap berhati-hati karena ada tumbuhan lumut yang tumbuh di jalan setapak ini sehingga sedikit licin dan agak berbahaya.

Curug Lawe Benowo Kalisidi
by Sigit Wijanarko

baca juga: Old City 3D Museum Semarang, Destinasi Wisata Baru yang Kekinian

Yang cukup unik adalah terdapatnya sebuah jembatan dari kayu. Jembatan ini memiliki pembatas bercat merah pada sisi yang berada di pinggir jurang. Namanya pun cukup unik yaitu Jembatan Romantis. Entah mengapa dinamakan demikian, namun nyatanya menapaki jembatan ini cukup membuat hati deg-deg-ser.

Sejauh kaki melangkah, mata Anda pun tak akan merasa lelah memandangi hijaunya alam yang terhampar. Gemericik aliran air serta sautan kicauan burung semakin menambah asri lokasi wisata Curug Lawe.

Curug Lawe Benowo Kalisidi
by Ririn PS

Lokasi Curug Lawe Benowo Kalisidi

Curug Lawe ini berada satu lokasi yang sama dengan Curug Benowo. Karena dalam satu lokasi yang sama dan hampir berdekatan sehingga tempat ini biasa juga disebut Curug Lawe Benowo Kalisidi (CLBK). Jadi jika Anda datang ke Curug Lawe, pastikan juga mampir ke Curug Benowo.

Curug Lawe yang berada di Desa Kalisidi, Kecamatan Ungaran Barat, Kabupaten Semarang ini tutup pada pukul 15.00 WIB setiap harinya. Karena berada pada 21 km dari pusat Kota Semarang baiknya jika ingin puas menikmati keindahan alamnya, datang lebih pagi ya…

Tips Penting saat Berkunjung ke Curug Lawe Benowo Kalisidi

Yang perlu diingat adalah jangan datang ketika musim hujan, karena dipastikan objek wisata air terjun ini ditutup oleh pengelola untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Jalan-jalan tanpa kamera seperti sayur tanpa garam, jadi pastikan kamera Anda selalu dalam keadaan ON untuk memotret setiap inci keindahan Curug Lawe Semarang.