Curug Jenggala Baturaden, Wisata Alam Kekinian di Banyumas

Jalan-jalan ke Banyumas, sempatkan untuk mampir ke objek wisata yang sedang hits di sana yakni Curug Jenggala Baturaden. Curug yang menjadi kebanggan warga Banyumas ini memiliki keindahan yang tak terelakkan. Hijaunya pepohonan di sekitar lokasi air terjun menambah suasana sejuk dan damai.

Curug Jenggala Baturaden
Instagram photo by @abrartebok3

Selfie Deck Hati di Curug Jenggala Baturaden

Untuk menambah pesona Curug Jenggala, pengelola sengaja membangun sebuah dek yang terbuat dari kayu tersusun rapi yang berbentuk hati. Karena bentuknya itulah, dek ini disebut dengan nama Selfie Deck Hati. Di dek inilah setiap pengunjung dapat berfoto selfie dengan latar Curug Jenggala karena ditempatkan tepat di depan curug.

baca juga: Surya Yudha Water Park Banjarnegara, Ada Patung Merlion dan Liberty Loh di Sini

Curug Jenggala Baturaden
Instagram photo by @ekaoktaviani19

Bagi yang ingin menginjakkan kaki di aliran sungai, pengunjung juga dapat turun melalui jalan setapak yang berada sedikit di bawah dek. Karena masih dalam tahap pengembangan, sehingga akses jalan dan fasillitas yang ada masih seadanya. Terbukti taman-taman bunga yang sekiranya untuk menghias lokasi, juga masih belum tumbuh dengan sempurna. Serta akses jembatan menuju aliran sungai di bawah air terjun juga masih dalam pengerjaan.

baca juga: Old City 3D Museum Semarang, Destinasi Wisata Baru yang Kekinian

Curug Jenggala Baturaden
Instagram photo by @zainurrofiq11

Meskipun begitu, keindahan alam Curug Jenggala sangat sesuai sebagai penghilang penat dan stress. Jika datang kesini sebaiknya membawa bekal makanan atau minuman secukupnya karena belum terdapatnya penjual makanan atau minuman. Serta memakai sandal atau sepatu yang kuat untuk menapaki jalan yang licin. Dan yang pasti, jangan sampai ketinggalan untuk membawa kamera. Jepret sana sini itu harus ya..

Lokasi Curug Jenggala Baturaden

Berada di Dusun Kalipagu, Desa Ketenger, Kecamatan Baturaden, Kabupaten Banyumas, Curug Jenggala keberadaannya kini sangat diminati oleh wisatawan terutama kaum muda mudi. Bagaimana tidak, selain merupakan objek wisata alam dengan pemandangan alam yang memukau, air terjun ini juga memiliki spot yang spektakuler terutama jika diabadikan dalam kamera foto.

Rute Menuju Curug Jenggala Baturaden

Rute menuju Curug Jenggala cukup mudah di akses. Dari Purwokerto, arahkan kendaraan menuju komplek wisata Baturaden. Sampai di Baturaden, perjalanan dilanjutkan menuju ke Curug Bayan. Sebelum sampai di Curug Bayan, ada papan penunjuk jalan menuju Kalipagu. Ikuti petunjuk jalan ini hingga melewati portal. Portal inilah yang disulap menjadi loket masuk untuk menuju Curug Jenggala.

Tiket masuknya cukup murah yakni 5.000 rupiah saja. Setelah parkir kendaraan di depan rumah-rumah warga, pengunjung masih harus berjalan kaki sekitar 30 menit menyusuri jalanan setapak. Ketika menyusuri jalan setapak ini harus tetap berhati-hati karena jalan masih berupa tanah dan cenderung licin ketika hujan tiba.