Curug Cipendok Banyumas, Air Terjun Megah Setinggi 92 Meter di Jawa Tengah

Lokasinya yang berada di kaki Gunung Slamet membuat Banyumas punya keindahan alam mengagumkan. Curug Cipendok Banyumas adalah salah satu buktinya. Kecantikan guyuran air terjun ini menjadi lokasi favorit yang tak pernah sepi pengunjung. Tak heran, karena air terjun ini merupakan salah satu air terjun tertinggi di Jawa Tengah.

Air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 92 meter itu dikenal sebagai air terjun tertinggi di wilayah Banyumas. Lokasinya berada dalam wilayah Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Banyumas Timur. Berada di kawasan hutan produksi dan juga dilindungi, membuat Curug Cipendok masih sangat alami dan terjaga.

Curug Cipendok Banyumas
by @kibill_guik_guik

Jika dilihat dari dekat, air yang mengguyur di atas seperti terbawa angin. Sehingga butiran-butiran airnya bercipratan kemana-mana. Namun di sinilah letak keseruannya. Air yang terbang ini sangat cantik ketika dipotret dalam kamera. Ambil kameramu dan segera jepret momen terbaik di sini ya …

Curug Cipendok Banyumas
y @cenceremet2017

Legenda Curug Cipendok Banyumas

Keberadaan Curug Cipendok tak bisa lepas dari cerita masyarakat tentang seorang peri penunggu Curug Cipendok. Peri tersebut bernama Dewi Intan. Menurut cerita warga setempat, seorang Wedono Ajibarang bernama Raden Ranusentika menikahi Peri Dewi Intan tersebut. Bahkan setiap tahun warga Desa Karang Tengah mengadakan Grebeg Suran untuk menghormati sang peri Dewi Intan.

Curug Cipendok Banyumas
by @endradi_roziantho

Nama Cipendok juga memiliki keterkaitan dengan Perang Diponegoro. Ketika itu Raden Ranusentika berusaha untuk membuka hutan untuk dijadikan daerah perkebunan. Namun semua usahanya selalu tidak berhasil. Delapan bulan pekerjaannya selalu gagal karena pohon yang sudah ditebang akan berdiri tegak kembali esok harinya. Kejadian ini terus terjadi berulang-ulang sehingga membuatnya sangat bingung.

baca juga: Air Terjun Sri Gethuk Gunungkidul, Wisata Alam Fenomenal di Yogyakarta

Suatu hari Raden Ranusentika memutuskan untuk bertapa di bawah curug. Dalam pertapaannya inilah ia menemukan sebuah kerangka keris atau pendok. Setelah memiliki benda ajaib tersebut, ia bisa melihat keberadaan makhluk halus di kawasan hutan itu. Sejak saat itu, curug tersebut bernama Curug Cipendok.

Curug Cipendok Banyumas
by Fandi Safiar NR

Lokasi dan Tiket Masuk ke Curug Cipendok Banyumas

Secara administrasi masuk dalam wilayah Desa Karang Tengah, Kecamatan Cilongok, Kabupaten Banyumas. Lokasinya mudah ditemukan karena berada pada jalur utama Purwokerto – Ajibarang. Tiket masuknya cukup ramah dikantong yakni sebesar Rp 7.000/orang dan Rp 10.000 untuk mobil.

baca juga: Curug Kasinoman Banjarnegara, Air Terjun Alami dan Belum Terjamah Tangan Manusia di Jawa Tengah

Dari loket masuk hingga tempat parkir kendaraan masih 1 km lagi. Di kanan kiri jalan merupakan kawasan hutan yang rimbun. Sehingga yang terasa hanya kesejukan udara. Jalan yang dilalui juga sudah bagus dan diaspal mulus.

Sampai di tempat parkir, masih harus berjalan kaki menuruni anak tangga untuk sampai di lokasi Curug Cipendok. Karena ketinggiannya, dari radius jauh pun suara gemuruh airnya sudah terdengar.