Curug Cimandaway Cilacap, Nuansa Romantis dan Sejuk di Area Perkebunan Karet

Saat berada di Cilacap, pastikan Anda mampir ke Curug Cimandaway Cilacap. Terkenal sebagai air terjun tertinggi di wilayah Cilacap, Curug Cimandaway tak hanya memberi pesona keindahan alam. Namun juga obat yang mujarab sebagai penghilang penat dari sibuknya rutinitas pekerjaan.

Bagi pasangan yang berpacaran, datang ke Curug Cimandaway bisa menjadi lokasi alternatif menghabiskan waktu bersama pasangan. Ini berhubungan dengan asal muasal pemberian nama Curug Cimandaway yaitu berasal dari kata “Ci” berarti air, “Ma” berarti sima atau terkesima, “Da” memiliki arti Darah dan “Way” artinya Wanita. Sehingga berdasar pada kepercayaan masyarakat jika ada pasangan yang datang bersama ke curug maka pasangan tersebut berjodoh. Wah, senangnya….

curug cimandaway cilacap
by @jpmpcilacapbarat

Terlepas dari benar atau tidaknya mitos yang beredar di masyarakat, nyatanya keelokan alam Curug Cimandaway Cilacap memang mampu menarik siapapun untuk datang berkunjung. Wisatawan baik lokal dari wilayah Cilacap ataupun dari luar kota sering menghabiskan liburan di objek wisata ini. Sehingga jika Anda datang pada musim liburan atau ketika weekend, jangan kaget jika banyak pengunjung yang bermain riang di bawah guyuran air terjun.

baca juga: Pantai Jogan Gunungkidul, Kombinasi Pantai dan Air Terjun Cantik di Yogyakarta

Suasana Sejuk di Curug Cimandaway Cilacap

Rindangnya pepohonan membuat udara segar dan sejuk. Pantaslah jika pengunjung yang datang rela berlama-lama bermain air ataupun mandi di kolam air yang terbentuk di bawah curug.

Memiliki ketinggian bertingkat yang jika ditotal mencapai 100 meter, namun yang terlihat jelas aliran airnya hanya 75 meter saja. Dan guyuran airnya pun mengalir sangat deras. Dengan ketinggian itu sudah selayaknya jika Curug Cimandaway dikatakan sebagai air terjun tertinggi di Cilacap.  Mata airnya bersumber dari Sungai Singaraja dan aliran airnya jatuh ke Sungai Cikawalon yang ada di bawahnya.

curug cimandaway cilacap
by rani widya prananingrum

baca juga: Hutan Pinus Kayon Semarang, Wisata Foto Instagramable Keren di Jawa Tengah

Berada di perkebunan karet milik Perhutani Banyumas Barat, kawasan Curug Cimandaway Cilacap memilliki fasilitas yang dibilang cukup memadai. Mulai dari area parkir kendaraan, warung-warung makan, toilet, dan gazebo-gazebo tempat istirahat. Biaya masuknya pun cukup murah yakni Rp 4.000 saja.

curug cimandaway cilacap
by Imam Mustofa

Lokasi Curug Cimandaway Cilacap

Curug Cimandaway Cilacap dapat Anda kunjungi di Serang, Desa Datar, Kecamatan Dayeuhluhur, Kabupaten Cilacap. Jika Anda datang pastikan membawa pakaian ganti karena pasti pakaian Anda akan basah setelah berenang dan bermain air. Pastikan membawa kamera juga ya, untuk berfoto selfie sambil berpose cantik di bawah guyuran air terjun. Seru kan?