Curug Cikanteh, Air Terjun Bertingkat yang Menyejukkan

Kota Sukabumi terkenal dengan wisata alamnya yang beragam. Bagi penggemar wisata alam dan senang pergi ke tempat-tempat yang penuh petualangan, maka Air Terjun Cikanteh adalah jawabannya. Air terjun cantik ini memiliki tiga tingkatan yang masing-masig mempunyai nama serta keunikan tersendiri. Tingkatan paling atas diberi nama Curug Cikanteh. Untuk tingkatan yang kedua bernama Curug Ngelai dan tingkat paling bawah adalah Curug Sodong. Jadi jika Anda berwisata ke Air Terjun Cikanteh, Anda dapat menikmati tiga air terjun sekaligus dalam satu lokasi. Masyarakat wilayah Sukabumi dan Jawa Barat lebih sering menyebut ketiga tingkatan air terjun ini menjadi Air Terjun Cikanteh. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 60 meter. Air yang mengalir dari curug ini berasal dari sungai Cikanteh. Oleh sebab itulah namanya Curug Cikanteh.

Curug Cikanteh

 

Daya Tarik Curug Cikanteh

 

Daya Tarik Curug Cikanteh ini memiliki keunikan yang tak dimiliki oleh air terjun lainnya di kawasan Ciletuh Geopark yaitu bentuknya yang lebar dan terbentuk dari beberapa undakan. Air terjun yang jatuh dari atas tebing layaknya sebuah wahana air terjun yang sering kita jumpai di kolam renang atau waterpark. Selain itu Air Terjun Cikanteh ini juga sangat ramah bagi pengunjung, beberapa air terjun yang ada di Ciletuh Geopark tak bisa dijadikan sebagai tempat berenang atau bermain air, tapi di Air Terjun Cikanteh ini kamu bisa berenang dan main air dibawah terjunan airnya yang jernih dan dingin.

Daya Tarik Curug Cikanteh

Fasilitas Curug Cikanteh

Karena Air Terjun Cikanteh ini masih berada dalam satu kawasan dengan Curug Sodong dan masih dalam satu tiket masuk, maka Fasilitas Curug Cikanteh ini juga merupakan fasilitas dari Curug Sodong. Ditempat ini terdapat fasilitas tempat parkir, toilet hingga beberapa warung kecil yang menjual beberapa makanan dan cemilan. Namun, ditempat ini belum tersedia musholla untuk kamu yang ingin melaksanakan ibadah shalat.

Fasilitas Curug Cikanteh

Lokasi Curug Cikanteh

Secara administratif, Lokasi Curug Cikanteh ini berada di kawasan Ciletuh Geopark yang berlokasi di Dusun Cikanteh, Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Provinsi Jawa Barat.

Lokasi Curug Cikanteh