Coban Kethak Malang, Wisata Air Terjun Alami yang Memukau di Jawa Timur

Kota Malang memang gudangnya tempat wisata alam yang indah. Coban Kethak Malang jadi salah satu destinasi menarik Beberapa orang-orang lebih mengenalnya sebagai nama Grojogan Singo. Jadi, kalau Anda ingin berkunjung ke tempat wisata air terjun memukau ini, bisa menggunakan nama Grojogan Singo saat bertanya petunjuk arah kepada warga sekitar.

Berada di Desa Pait, di sebelah utara Gunung Kelud dan di atas tanah perhutani. Tempatnya cukup unik yaitu berada di areal hutan lindung bagian kesatuan pemangkuan hutan Ngantang. Awal mula pembukaan air terjun ini sebagai tempat wisata adalah dari ide cemerlang pengusaha sukses dari Jakarta bernama Heri Cahyono yang aslinya berkelahiran asli Dusun Slatri, Desa Pait.

coban kethak malang

Ketinggian air terjun ini setinggi 15 meter. Yang menjadikannya unik adalah adanya batu mirip singa yang berada tepat di bawah air terjun sehingga disebut sebagai Grojogan Singo juga. Pemandangan unik dan langka itu memang hanya ada di Coban Kethak Malang . Sedang nama Kethak ini diambil karena dahulunya wilayah ini dipenuhi dengan kera. Dan hingga sampai saat ini masih terlihat kera yang bergelantungan di pohon.

Untuk tipekal air terjunnya memiliki debit air yang terlalu deras. Anda mungkin bisa melihat keindahan Coban Kethak, namun dilarang untuk berenang. Tulisan untuk tidak berenang di sini karena bahaya sudah tertulis jelas di papan nama.

Cara Menuju Lokasi Coban Kethak Malang

Untuk bisa sampai di sini, Anda hanya perlu mengikuti rute Batu-Kediri. Dari Kota Batu, Anda akan melewati Kecamatan Pujon dan Kecamatan Ngantang. Dijamin, Anda tidak akan kesulitan untuk mencari Coban Kethak karena lokasinya berada di pinggir jalan umum yang dilalui bus kota.

Stelah memarkirkan kendaraan, trek untuk sampai di Coban Kethak bisa ditempuh dalam 3 menit dengan berjalan kaki. Meski lokasinya jauh dibanding air terjun lainnya yang berada di Malang, dijamin Anda tidak akan merasa rugi. Pemandangan, sensasi dan keunikkan yang ditawarkan begitu memukau.

Setelah berjalan kurang lebih 3 menit, di ujung jalan berbatuan yang tertata rapi, terdapat sebuah bangunan permanen mirip panggung terbuka. Bangunan ini beralaskan bambu tepat di atas aliran sungai. Jaraknya sekitar 30 meter dari Air Terjun Coban Kethak.

Bahkan dengan tiket murah sebesar kurang lebih lima ribu rupiah, Anda bisa langsung menikmati keindahan alamnya. Untuk kuliner, tak perlu khawatir. Sudah banyak penjaja makanan yang menawarkan makanannya di sini. Mulai dari makanan ringan sampai makanan berat. Soal harga masih bersahabat, kok!

Secara keseluruhan tempat ini cocok dikunjungi sebagai pelepas penat. Atau bagi Anda yang suka memamerkan foto di instagram, tempat ini juga memiliki sisi yang fotogenik. Anda bisa berfoto dengan latar belakan air terjun dengan ciri khas batunya yang mirip singa itu. Unik! Anda juga bisa mengajak siapa pun untuk menikmati panorama alam air terjun yang menawan ini.