Candi Penataran, Wisata Bersejarah yang Kini Jadi Objek Foto Instagram Keren di Blitar

Bagi kawula muda, berkunjung ke lokasi wisata sejarah kerap menjadi aktivitas yang membosankan. Namun, siapa sangka, sebuah lokasi wisata bersejarah di Kota Blitar, Jawa Timur, yakni Candi Penataran kini jadi tempat wisata yang diramaikan oleh anak muda Blitar dan sekitarnya.

Mereka yang datang ke tempat ini, kebanyakan bukan tertarik karena nilai sejarah yang terkandung pada Candi Penataran ini. Mayoritas pemuda dan pemudi yang berkunjung ke sini menilai candi ini sebagai lokasi berburu foto iInstagram yang keren. Bahasa ngetrennya sih, tempat wisata yang instagramable.

Candi Penataran
Instagram photo by @khuwarizmy

Sejarah Candi Penataran Blitar

Candi Penataran dikenal sebagai sebuah candi yang merupakan peninggalan Kerajaan Kediri. Bangunan candi ini didirikanpada tahun 1194 Masehi oleh Raja Srengga yang memimpin Kerajaan Kediri pada rentang antara tahun 1190 hingga 1200 Masehi. Pada saat itu, pembangunan candi ini dilakukan dengan tujuan sebagai sarana pemujaan. Di tempat ini, rakyat Kerajaan Kediri biasa melakukan prosesi pemujaan sebagai sarana untuk menangkal bahaya. Terlebih, Gunung Kelud pada saat itu kerap mengalami erupsi.

Candi Penataran
Instagram photo by @arykusumanr

Candi ini juga dikenal dengan nama Candi Palah. Hal itu disebutkan oleh Mpu Prapanca dalam bukunya Negarakertagama. Dalam buku ini, Mpu Prapanca menuliskan kalau Raja Majapahit Hayam Wuruk, pernah berkunjung ke Candi Penataran dalam aktivitas wisata berkeliling Jawa Timur. Pada saat itu, Hayam Wuruk disebutkan melakukan ritual pemujaan kepada Hyang Acapalat yang dikenal sebagai perwujudan Siwa yang dikenal sebagai penguasa gunung atau Girindra.

baca juga: Wisata Rambut Monte Blitar, Foto yang Instagramable Abis Deh di Sini!

Struktur Kompleks Candi Penataran Blitar

Area Candi Penatara Blitar memiliki luas mencapai 12.946 meter persegi. Struktur candi di tempat ini memiliki kemiripan dengan candi-candi yang ada di Jawa Tengah. Terutama, karena keberadaan sebuah candi utama pada bagian tengah dan dikelilingi oleh candi-candi lain yang disebut dengan candi perwara.

Candi Penataran
Instagram photo by @auranofita

Struktur yang menarik inilah menjadi daya tarik tersendiri bagi kawula muda Kota Blitar dan sekitarnya. Banyak anak muda yang berkunjung ke sini dengan mengambil latar belakang Kompleks Candi Penataran. Terlebih, kondisi candi saat ini terjaga dengan baik, dan setiap tiga bulan sekali terdapat acara rutin yang dilakukan di sini, yakni Pagelaran Purnama Seruling Penataran.

baca juga: Wisata Keluarga Water Park Sumber Udel Blitar, Bisa Bermain Air Sepuasnya di Sini

Candi Penataran
Instagram photo by @bejosanglegenda2933

Lokasi dan Rute Menuju Candi Penataran

Candi ini terletak di Desa Penataran dan masuk dalam wilayah administratif Kecamatan Nglegok di Kabupaten Blitar, Jawa Timur. Bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke sini, rute yang ditempuh tidak terlalu sulit. Anda bisa mengambil patokan lokasi Makam Bung Karno.

Dari lokasi Makam Bung Karno, perjalanan bisa diteruskan ke arah utara hingga akhirnya mencapai wilayah Kecamatan Nglegok. Dari sana, perjalanan diteruskan hingga sampai di Desa Penataran yang bisa dikenali dengan mudah karena keberadaan gapura Kawasan Wisata Penatara.Ca