Candi Ngetos Nganjuk, Candi Peninggalan Majapahit yang Menjadi Makam Raja Hayam Wuruk

Kota Nganjuk memang bukan kota besar di Jawa Timur. Namun, kota ini menyimpan peninggalan sejarah yang sangat penting lewat keberadaan Candi Ngetos Nganjuk. Candi ini merupakan bagian penting dari peninggalan Kerajaan Majapahit. Alasan utamanya adalah karena candi ini dipercaya sebagai makam Raja Hayam Wuruk yang dikenal sebagai raja keempat Majapahit yang bisa membawa kerajaan tersebut mencapai masa kejayaannya.

Candi ini konon dibangun pada abad ke 15. Di candi ini, wisatawan bisa menemukan keberadaan arca Siwa serta Wisnu yang memiliki kesesuaian dengan kepercayaan yang dianut oleh Hayam Wuruk. Raja yang satu ini, semasa pemerintahannya dikenal sebagai penganut agama Siwa-Wisnu. Hanya saja, sangat disayangkan kalau candi tersebut kini sudah tidak utuh lagi.

Candi Ngetos Nganjuk

Karena sudah mengalami kerusakan yang sangat parah, tak heran kalau di tempat ini Anda hanya akan menemukan puing-puing candi. Bentuk candi pun sudah tidak keruan. Sebagai gantinya, hanya ada bangunan induk yang di beberapa bagian juga sudah tidak utuh lagi. Candi induk ini sudah kehilangan atap dengan tinggi mencapai 10 meter dan terbuat dari batu bata merah.

Arca-arca yang biasanya ada pada sebuah candi juga sudah tak lagi bisa ditemukan pada Candi Ngetos Nganjuk. Arca Wisnu yang semula ada di tempat ini sudah dipindahkan ke Kediri. Hanya saja, untuk arca lain, keberadaannya hilang tak berbekas. Sangat disayangkan, tentunya, mengingat candi ini memiliki peran penting dalam perjalanan sejarah Nusantara.

Mitos Candi Ngetos Nganjuk

Meski dipercaya sebagai makam Hayam Wuruk, tidak ada bukti sejarah yang bisa dipakai untuk memperkuat informasi tersebut. Sebaliknya, keberadaan candi ini kerap dikaitkan mitos yang menyebutkan informasi tersebut. Konon, Raja Ngabei Siloparwoto yang merupakan paman dari Hayam Wuruk bersama dengan Patih Raden Bagus Condrogeni merupakan sosok yang membangun candi ini.

Peletakan candi sengaja ditempatkan di lereng Gunung Wilis yang dikenal sebagai salah satu gunung suci di Tanah Jawa. Penempatan tersebut sengaja dilakukan karena menurut kepercayaan masyarakat terdahulu, puncak Gunung Wilis merupakan tempat bermukimnya para dewa.

Cara Menuju Lokasi Candi Ngetos Nganjuk

Candi ini berlokasi di Desa Ngetos yang juga masuk dalam Kecamatan Ngetos. Cara menemukan candi ini tak begitu sulit, apalagi karena lokasinya memang berada di tepi jalan yang menghubungkan antara Ngetos dengan Kuncir. Oleh karena itu, Anda tidak akan kesulitan untuk mendapati keberadaan bangunan candi kuno ini.