Bukit Jamur Bungah, Tempat Wisata Unik di Kota Gresik

Wilayah yang panas menjadikan Kota Gresik memiliki tempat wisata unik seperti Bukit Kapur Sekapuk. Selain itu, ada pula Bukit Jamur Bungah yang tidak kalah uniknya. Seperti halnya Bukit Kapur Sekapuk, tempat ini juga berada di wilayah tambang. Bedanya, di sini terdapat batu kapur yang memiliki bentuk unik mirip jamur.

baca juga: Eksotisme Bukit Kapur Sekapuk Gresik, Tempat Foto yang Instagrammable

Karena keunikannya tersebut, masyarakat Kota Gresik pun menyebutnya dengan nama Bukit Jamur Bungah. Terutama karena lokasinya ada di Desa Bungah, Kecamatan Manyar, Gresik. Setiap akhir pekan, tempat ini akan diramaikan oleh kedatangan para pengunjung. Utamanya adalah mereak yang suka dengan aktivitas fotografi dan narsis.

bukit jamur bungah
Instagram photo by Guide Jawa Timur

Popularitas Bukit Jamur Bungah semakin meningkat setelah tempat ini juga sempat muncul dalam liputan acara wisata di televisi, My Trip My Adventure. Sejak itu, masyarakat dari luar kota, terutama dari Lamongan, Bojonegoro, dan Surabaya, berbondong-bondong untuk turut menyaksikan keunikan batu berbentuk jamur di tempat ini.

baca juga: Pesona Indah Pantai Delegan Gresik di Jawa Timur

bukit jamur bungah
Instagram photo by Ira Nur Listiandini

Keberadaan batu-batu berbentuk jamur di sini memang unik dan terbentuk secara alami. Batuan tersebut sedikit demi sedikit terkikis oleh kondisi cuaca di Gresik yang cenderung panas dan angin kencang. Hingga akhirnya, terbentuklah batuan dengan bagian atas yang berbentuk mirip kepala jamur. Sungguh sebuah fenomena unuk yang jarang terjadi di tempat lain.

bukit jamur bungah
Instagram photo by Ahmad Ubaidillah

Lokasi Bukit Jamur Bungah

Bukit Jamur Bungah ini merupakan sebuah bukit yang terletak di bekas area galian tambang. Bukit ini masuk dalam wilayah administratif Desa Bungah di Kecamatan Manyar, Kabupaten Gresik. Sejatinya, tempat ini bukanlah sebuah tempat wisata. Namun, karena keunikan yang dimilikinya, Bukit Jamur kini telah menjadi salah satu lokasi menarik untuk menghabiskan waktu liburan di Gresik.

Tiket Masuk Bukit Jamur Bungah

Sejak tempat ini ramai dikunjugi wisatawan, pengelola tambang galian pun mulai menerima kedatangan pengunjung. Hanya saja, tempat ini hanya bisa didatangi oleh para wisatawan pada saat akhir pekan. Sementara pada hari-hari biasa, ramai oleh pekerja galian tambang.

bukit jamur bungah
Instagram photo by Naneun Novi Imnida

baca juga: Hutan Mangrove Ujungpangkah, Pilihan Wisata Alam Murah Meriah di Gresik

Selain itu, para pengunjung yang masuk area Bukit Jamur Bungah juga diharuskan untuk meninggalkan KTP di pos penjagaan. Harga tiket masuknya murah. Untuk Anda yang membawa sepeda motor, terdapat biaya masuk sebesar Rp3 ribu. Sementara untuk pengendara yang membawa mobil, dikenakan biaya masuk Rp10 ribu.

Rute Menuju Bukit Jamur Bungah

Untuk menuju ke tmpat ini, Anda tinggal menuju ke jalur pantura di Gresik. Selanjutnya, akan ada pertigaan di Bungah dan Anda bisa belok kiri menuju ke arah Dukun. Dari situ, akan ada papan penunjuk yang mengarah ke pertambangan bukit kapur. Di kawasan inilah Anda bisa menemukan keberadaan Bukit Jamur Bungah.