Bukit Cumbri, Sajikan Pemandangan Indah di Antara Perbatasan Wonogiri dan Ponorogo

Bukit Cumbri yang berlokasi di antara perbatasan antara Wonogiri dan Ponorogo menjadi satu dari sekian banyak keindahan alam yang menarik dikunjungi di Pulau Jawa. Di tempat ini, para wisatawan akan seolah-oleh tersihir oleh keindahan pemandangannya. Tidak heran kalau banyak wisatawan yang berkunjung ke sini.

Nama Bukit Cumbri sebagai tujuan wisata memang baru terkenal sejak foto-foto cantiknya beredar di media sosial. Dari tampilan foto yang memukau tersebut akhirnya banyak orang penasaran dan ingin merasakan kakinya menapak di batu-batuan besar di sana. Oleh karenanya kini keberadaan Bukit Cumbri menjadi destinasi favorit wisatawan yang ingin mendapat sensasi segar dan damainya udara di atas langit.

Bukit Cumbri
by @fahmi_syahir

Lokasi Bukit Cumbri

Tempat wisata ini berada pada ketinggian 638 mdpl dan membentang di perbatasan daerah Wonogiri dan Ponorogo. Tepatnya berada di Desa Pager Ukir, Kecamatan Sampung, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur serta di Desa Kepyar, Kecamatan Purwantoro, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah.

Cara Menuju Bukit Cumbri

Jalur menuju ke lokasi Bukit Cumbri sangatlah mudah ditemukan. Cari saja gapura perbatasan Ponorogo-Wonogiri. Sekitar 500 meter dari gapura perbatasan ada pertigaan, lalu ambil arah kanan. Jalan sudah mulus diaspal sehingga sangat nyaman dilalui kendaraan. Arahkan kendaraan lurus saja hingga jalan beraspal berganti jalan cor.

Bukit Cumbri
by @rachmatarif_

Teruskan saja perjalanan melalui jalan cor yang menanjak dan sedikit berkelok itu hingga bertemu rumah-rumah warga. Anda bisa memarkir kendaraan di halaman rumah warga lalu meneruskan langkah dengan berjalan kaki.

Memang keindahan itu memerlukan pengorbanan untuk mencapainya. Begitu pula dengan puncak bukit cantik ini. Perjalanan dengan kaki sepanjang 1 jam perjalanan akan menjadi jalur yang tak terlupakan ketika mengunjungi bukit ini. Meski melelahkan namun pengorbanan yang Anda lakukan akan terbayar lunas tatkala kaki dapat menjejak di batuan puncak bukit.

Bukit Cumbri
by @alhanzim

Bukit Cumbri memiliki dua puncak bukit yang menawan. Batuan besar di puncak bukit ini bisa Anda naiki untuk mendapat pemandangan wilayah Wonogiri dan Ponorogo lebih leluasa. Namun waspada dan kehati-hatian saat menapaki batuan besar ini sangat diperlukan. Karena di kanan kiri batuan sangat curam dan berbahaya.

Berburu Foto Instagramable di Bukit Cumbri

Anda dapat berfoto dengan berlatar hijaunya bentangan alam yang terlihat dari puncak bukit. Dan dapat dipastikan hasil foto Anda akan sangat instagramable dan ciamik.

Lukisan alam di Bukit Cumbri akan tampak lebih mempesona ketika matahari terbit dan matahari tenggelam. Itulah mengapa pengunjung yang ingin mengabadikan momen indahnya fenomena alam di bukit ini tak segan untuk berkemah di sekitar lokasi bukit.

Bukit Cumbri
by @ajiilhampratama_

Tak perlu membayar tiket masuk untuk dapat menikmati keindahan tempat wisata alam ini. Yang harus dilakukan hanyalah menjaga kebersihan dan tidak melakukan vandalisme di batuan Bukit Cumbri.