Bukit Campuhan Ubud, Sensasi Suasana ala Pedesaan di Bali

Saat kamu bosan dengan liburan yang itu-itu saja, kini saatnya kamu menelusuri keindahan alam Bali lainnya. Jika kamu berada di Ubud, tempat di mana para turis asing merasa dapatmenikmati Bali yang sesungguhnya, maka berkunjunglah ke Bukit Campuhan Ubud.

Ubud yang memiliki daya tarik wisata karena membentang sawah yang luas, pemukimannya yang dipenuhi oleh pemahat patung dan pelukis serta adat istiadatnya yang masih terasa kental ini ternyata memiliki bukit yang sangat indah. Jalan-jalan di Ubud ini akan membawamu untuk merasakan kultur budaya yang berbeda.

Bukit Campuhan Ubud
kredit foto: maulanamalik

Siapa sangka dibalik megahnya Hotel Campuhan di belakangnya terdapat bukit yang indah. Pemandangan eksotisnya mampu menyejukkan mata, hati dan pikiran. Di sini kamu akan melintasi jalan setapak berbukit dengan alas batu dengan memiliki panjang dua kilometer.

Lokasi Bukit Campuhan ubud

Bukit Campuhan ini tidak jauh dari pusat keramaian Ubud. Jarang sekali ada keindahan alam yang berada di keramaian seperti ini. Namanya campuhan disematkan ke bukit ini karena letaknya persisi di belakang Hotel Campuhan.

Kendati demikian, Bukit Campuhan ini dapat diakses oleh masyarakat umum dengan mudah. Kamu harus melewati persimpangan di sebelah hotel. Lalu melewati jalan yang menurun dan menemukan anak tangga sekitar 100 buah.  Jika kamu berniat ke bukit, disarankan untuk mempersiapkan banyak tenaga karena perjalanan ke puncak bukit cukup melelahkan.

Akses lain menuju Bukit Campuhan adalah mencari jalan setapak menuju Pura Gunung Lebah, tepatnya berada di Warwick Ibah. Lalu dari desa ini, petunjuk ke area trekking menuju bukit sangat mudah. Jalannya berada di sisi pura dan harus melintasi sungai. Setelah itu, lintasan batu berupa tangga akan kamu temukan.

Perjalanan kemudian dilanjutkan dengan naik turun khas perbukitan. Hamparan alang-alang hijau sebagai pagar hidup akan kamu jumpai di setiap perjalananmu. Saat melakukan perjalanan, kamu bisa memilih jalan kaki atau menyewa sepeda.

Aktivitas Wisata di Bukit Campuhan Ubud

Kalau menyewa sepeda akan dikenakan biaya Rp. 15000 per hari bukan per jam. Kebanyakan turis asing memilih untuk bersepeda dibanding berjalan kaki, meskipun begitu pilihan ada di tanganmu. Oh, ya,nama lokal dari Bukit Campuhan ini adalah Bukit Suci Gunung Lebah.

Bukit Campuhan Ubud
kredit foto: Bali Travelogue

Waktu terbaik saat mengunjungi Bukit Campuhan adalah di sore hari sekitar pukul empat sore karena cuaca tidak sedang terik-teriknya. Tidak ada biaya untuk memasuki area trekking bukit alias gratis. Dan terakhir, sesuai nama lokalnya, bukit ini adalah bukit suci. Jika kamu melakukan tindak asusila dan membuang sampah sembarangan, akan ada sanksi adat yang dikenakan.