Bukit Asmara Situk (BAS) Banjarnegara, Wisata Alam Instagramable Jawa Tengah

Ingin refresing tapi bingung mau kemana? Bukit Asmara Situk (BAS) Banjarnegara adalah pilihan tepatnya. Tempat ini akan menyuguhkan pemandangan alami yang sangat indah. Sangat cocok bagi Anda yang suka narsis atau berburu foto untuk dipampang di media sosial.

Sebelum dapat menikmati keindahan alam dari puncak ketinggian itu, pengunjung harus mengeluarkan tenaga ekstra untuk dapat mencapainya. Tak heran karena berada di atas ketinggian, jalan berundak dan menanjak menjadi tantangan tersendiri. Menariknya, di tiap-tiap tanjakan memiliki nama-nama unik seperti Tanjakan Cinta, Tanjakan Pengorbanan Cinta dan lainnya.

Bukit Asmara Situk (BAS) Banjarnegara
Instagram photo by istichubby

Bukit Asmara Situk (BAS) Banjarnegara merupakan lokasi unik dan eksentrik terutama bagi kalangan anak muda. Pemandangan wilayah Banjarnegara akan terpampang indah jika dilihat dari titik ketinggian. Ditambah adanya rumah-rumah pohon kecil untuk memandang panorama alam sehingga menambah kesan artistik dan romantis.

baca juga: Air Terjun Mrawu Banjarnegara, Sensasi Air Terjun Plus Sumber Air Panas di Jawa Tengah

Pengunjung yang kebanyakan anak-anak muda memang datang ke tempat ini untuk mengabadikan foto-foto keren mereka ketika berada di atas ketinggian. Boleh dibilang, foto yang diambil di BAS ini sangat instagramable dan menambah spesial foto koleksi mereka. Tak heran jika meskipun dengan pengorbanan tenaga ekstra, pengunjung banyak yang datang untuk sekedar berfoto-foto dengan indahnya pemandangan alam di Bukit Asmara Situk (BAS) Banjarnegara ini.

Bukit Asmara Situk (BAS) Banjarnegara
Instagram photo by bukit asmara situk

Untuk menggunakan rumah-rumah pohon ini tidak dikenakan biaya tertentu, hanya pembatasan orang dan waktu. Sehingga jika ingin mengambil foto di rumah pohon ini harus antri terlebih dahulu.

Selain rumah-rumah pohon yang didesain untuk melihat view alam di kejauhan, terdapat juga sebuah terowongan yang merupakan bekas galian dari jaman Jepang. Lokasi terowongan ini disulap menjadi eksotis dengan penambahan lampu kerlap-kerlip di dalamnya.

baca juga: Top Selfie Pinusan Kragilan, Hutan Pinus Kekinian di Magelang

Jika datang ke Bukit Asmara Situk (BAS) Banjarnegara  sebaiknya memakai alas kaki yang aman dan nyaman karena jalan menanjak yang harus dilalui. Jangan lupa membawa sedikit makanan dan minuman. Dan pastinya kamera jangan sampai ketinggalan di rumah.

Bukit Asmara Situk (BAS) Banjarnegara
Instagram photo by @wonosobozone

Lokasi Bukit Asmara Situk (BAS) Banjarnegara

Lokasi Bukit Asmara Situk (BAS) Banjarnegara sangat mudah dijangkau dan terletak di Jalan Raya Karangkobar, Kalilunjar, Kecamatan Banjarmangu, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah. BAS berada di ketinggian sekitar 683 meter di atas permukaan laut. Rute ke atas menuju puncak lokasi BAS berada di sebelah SDN Kalilunjar sehingga sangat mudah ditemukan.

Tiket Masuk Bukit Asmara Situk (BAS) Banjarnegara

Dengan tiket masuk sebesar 5 ribu rupiah per orang, keindahan Banjarnegara dapat dinikmati maksimal tak terbatas. Hijaunya pemandangan, gundukan bukit-bukit kecil, serta lekukan badan sungai yang tampak dari kejauhan semakin menambah takjub oleh indahnya lukisan alam.